Merayakan Hari Natal dan Tahun Baru Minim Sampah, Why not?

tahun baru minim sampah

Penghujung akhir tahun selalu menjadi momen yang ramai karena ada dua hari perayaan yang berdekatan. Pertama, Hari Natal yang dirayakan tanggal 25 Desember dan Tahun Baru yang dirayakan 1 Januari. Orang-orang biasanya merencanakan aneka agenda untuk mengisi hari-hari libur dan cuti untuk dua perayaan tersebut. Tapi pernahkah Kamu terpikir untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru minim sampah?

Kebanyakan orang hanya terfokus pada kemeriahan suasana perayaan, pesta dan kembang api yang meledak-ledak di udara. Mereka menikmati semua momen tak biasa itu tanpa menyadari bahwa perayaan telah menghasilkan begitu banyak sampah. Belum termasuk aneka polusi yang mengganggu kualitas udara, air dan tanah. 

Padahal jika orang-orang mau untuk sedikit lebih mendengarkan β€œjeritan” bumi, mereka akan tahu bahwa merayakan Hari Natal ataupun Tahun Baru minim sampah tidak rumit kok! Kamu bisa mencobanya dengan cara-cara ini.

Travelling Tahun Baru Minim Sampah

Karena ingin suasana yang berbeda saat merayakan momen penghujung tahun, tak sedikit orang yang travelling ke tempat favorit. Mengajak teman, pasangan atau keluarga menginap beberapa hari, sambil menyiapkan agenda spesial. Tentu saja bukan hal yang salah karena setiap orang berhak untuk bepergian kemanapun mereka mau. 

tahun baru minim sampah

Sayangnya seringkali orang memproduksi begitu banyak sampah ketika aktivitas travel. Terutama karena ingin lebih praktis membawa barang, mereka memilih untuk membeli segala hal on the spot di tempat tujuan. Akibatnya menumpuk sampah terutama plastik kemasan makanan dan minuman dan aneka produk lain seperti sabun dan shampoo.

Untuk Kamu merayakan Hari Natal dan Tahun Baru minim sampah saat travelling, bawa produk-produk yang ramah lingkungan dan pakai ulang. Misalnya membawa botol minum pakai ulang, alih-alih membeli air mineral kemasan setiap haus. Kamu juga bisa membawa sabun, shampoo dan produk kebersihan yang ramah lingkungan. 

Saling Mengirim Kado

tahun baru minim sampah

Natal identik dengan kado, bukan? Meskipun Kamu sudah dewasa, tapi pasti tetap senang jika menerima kado dari teman atau saudara. Karena perayaan natal tahun ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, Kamu tetap bisa merayakannya dengan mengirimkan kado lewat jasa ekspedisi. 

Satu yang perlu diingat bahwa aktivitas mengirim kado sering justru berakhir dengan timbunan sampah. Banyak plastik yang digunakan, mulai dari selotip plastik, bubble wrap untuk pengaman paket, hingga kemasan kado dari kertas minyak yang mengkilap. Padahal pada akhirnya ketika kado dibuka, semua itu masuk ke tong sampah.

Supaya perayaan Hari Natal dan Tahun Baru minim sampah, Kamu bisa membuat kemasan kado yang lebih ramah lingkungan. Misalnya menggunakan selotip kertas, pembungkus dari kertas daur ulang dan kertas koran bekas untuk mengganggi bubble wrap. Kamu pun bisa sekaligus mengajak teman atau saudara untuk mulai menggunakan produk ramah lingkungan dengan memberi mereka hampers ramah lingkungan, lho!

Pesta Ramah Lingkungan

Untuk Kamu yang suka pesta, pasti bertanya-tanya dong pesta seperti apa yang ramah lingkungan? Karena umumnya pesta hanya menimbun sampah dan polusi, entah polusi udara atau suara. Jawabannya, ada kok! Kamu bisa merayakan Hari Natal dan Tahun Baru minim sampah dengan mengadakan pesta piyama dengan sahabat atau keluarga. 

Tentu saja itu masih lebih baik dibanding pesta Barbeque yang menimbulkan emisi gas dari aktivitas memasak daging. Sedangkan pesta kembang api, selain menumpuk sampah sisa petasan, juga menimbulkan polusi udara yang serius di setiap ledakannya. Bukan hanya mencegah pencemaran lingkungan, karena pesta piyama faktanya juga menyenangkan kok! Kamu dan teman-temanmu bisa memakai piyama yang lucu sembari perang bantal atau menghias kamar tidur dengan aneka barang yang ada. Malam pergantian tahunmu pasti tak akan kalah menyenangkan dibanding yang meledak-ledak di luar sana!

Selain kegiatan-kegiatan itu, juga masih ada banyak kegiatan seru lainnya yang bisa Kamu coba bersama teman atau keluarga. Seperti misalnya masak bersama, bermain game, karaoke, maraton film dan masih banyak lagi! Perayaan Hari Natal dan Tahun Baru minim sampah juga bisa seru, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *