6 Cara Merayakan Hari Bumi

Hari Bumi merupakan hari yang diperingati setelah tumpahan minyak yang sangat besar pada tahun 1970 di Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Hal ini terjadi karena sumur minyak yang sedang digali meledak dan setidaknya 3 juta galoin minyak tumpah membanjiri lautan. Tumpahan minyak ini mengakibatkan rusaknya lingkungan dan matinya ribuan binatang seperti burung, lumba-lumba, singa dan anjing laut!

Sejak saat itu, Tanggal 22 April dipilih untuk memperingati hari bumi di seluruh dunia. Tahun ini, diperingati sebagai 50 Tahun Hari Bumi lho! Yuk simak berbagai cara untuk merayakan 50 Tahun Hari Bumi

1. Virtual Movie Screening

Dalam memperingati hari bumi, beberapa organisasi mengadakan nonton bareng secara online lho!

The Story Of Plastic Movie (2020)

The Story of Plastic Premier April 22, 2020, at 2pm EST/PST di Discovery Channel (US)!

Film ini bercerita tentang bagaimana plastik telah masuk kedalam kehidupman manusia dari hal yang sangat berguna hingga merusak lingkungan.

Social Justice Film Festival: ‘Harvesting the Wind’ Virtual Screening

Film ini bercerita tentang perusahaan energi di kota Washington yang menjadi produsen listrik bertenaga angin terbesar di Amerika sebelah Barat!

Atau kamu bisa menonton film-film tentang lingkungan lainnya! Beberapa rekomendasi kami:

  • Before The Flood (2016)
  • Cowspiracy (2014)
  • Plastic China (2016)
  • Trashed (2012)
  • The True Cost (2015)
  • No Impact Man (2009)

2. Watch online Performances

Earth Day Live, merupakan perayaan 50 Tahun Hari Bumi yang diselenggarakan oleh para aktivis untuk merayakan 50 Tahun Hari Bumi secara virtual dengan mengkampanyekan #DiRumahAja selama masa pandemi COVID19 ini.

Sejumlah artis dan penyanyi bergabung dalam perayaan 50 tahun hari bumi secara online, melalui livestreaming selama 3 hari dimulai dari 22 – 24 April 2020!

earthdaylive2020.org

3. Virtual Learning

Dimasa pandemi COVID19, ada banyak sekali kursus online yang dibuka secara gratis yang kita bisa manfaatkan, salah satu portal yang menyediakan kelas-kelas gratis ini adalah coursera.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti beberapa seminar tentang lingkungan lho! Salah satunya adalah People For The Planet Summit yang akan diisi oleh para aktivis lingkungan sebagai pembicaranya.

4. Menanam Pohon

Tidak ada yang lebih baik selain lansgung turun beraksi! Yuk tunjukkan perhatianmu kepada bumi dengan mulai menanam pohon baik di halaman rumah sendiri atau berdonasi pohon secara virtual!

5. UnPlugged

Hal lan yang bisa kita lakukan untuk memperingati Hari Bumi adalah dengan memutuskan koneksi dengan internet dan pernagkat elektronik, juga menghemat listrik. Kita bisa mengisi waktu dengan kegiatan lain misalnya seperti membaca buku, berkebun, ngobrol dan bermain games tentang lingkungan bersama keluarga

6. Mulai lihat kembali dan kenali sampahmu

Lihat kembali tong sampah di rumah dan kenali jenis-jenis sampah yang ada didalamnya, dengan begini kita bisa mengaudit sampah terbanyak yang dihasilkan di rumah dan bisa mulai menguranginya.

Baca juga beberapa artikel tentang bagaimana mengolah sampah dari rumah

One thought on “6 Cara Merayakan Hari Bumi

  1. Francisca says:

    Makasih mbak Tyas informasinya, sangat inspiratif, biasanya di rumah saya kurangi penggunaan alat2 yang berhubungan dengan listrik dan mengajak keluarga untuk lebih peduli dengan lingkungan, mulai dari dalam rumah, berusaha untuk menolak plastik masuk rumah ( belum semuanya ), kalau bulan terang maka listrik di rumah dimatikan, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *