Manajemen Kebersihan Menstruasi bersama AMPL

Menyambut Hari Kebersihan Mentruasi Dunia yang diselenggarakan pada 28 Mei 2020, Sustaination hadir selaku salah satu pembicara di rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Jejaring AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan). Dalam acara ini, Sustaination berkesempatan untuk melakukan Live Instagram bersama AMPL.

Poster acara MKM hasil kolaborasi Sustaination & AMPL

Mengenal Jejaring AMPL

Jejaring AMPL adalah sebuah forum koordinasi berbagai institusi baik pemerintah maupun mitra pembangunan (profit dan non profit) di sektor air minum dan sanitasi. Penyelenggaraan Hari Kebersihan Mestruasi ini menjadi ajang yang disokong dengan semangat mencerahkan, mengedukasi serta memberdayakan wanita di seluruh dunia.

Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

Acara Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah bagian dari program kerja Jejaring AMPL yang bertujuan untuk memastikan akses universal terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi. Layanan ini termasuk perencanaan, informasi dan pendidikan keluarga, serta mengintegrasikan kesehatan reproduksi ke dalam strategi dan program nasional. Kali ini MKM Indonesia menyelenggarakan rangkaian acara dalam tajuk Menstrual Health Day 2020. Acara ini bertujuan untuk mengangkat berbagai topik yang membantu kelancaran program MKM secara nasional.

Dalam rangkaian acara yang diramu dengan apik, Sustaination hadir sebagai pembuka. Sustaination memiliki peran untuk memberikan perspektif gaya hidup selaras alam dan hubungannya dengan kebersihan menstruasi. Topik yang diangkat dalam diskusi kali ini adalah opsi-opsi alat menstruasi yang dapat digunakan oleh wanita dalam kebutuhan bulanannya. Selain itu, Sustaination juga mengisi topik diskusi tentang bagaimana menjadikan kesehatan & kebersihan sebagai tolak ukur.

Dalam acara ini, Sustaination berbincang bersama perwakilan MKM, Saniya Niska, untuk membahas fundamental kesehatan menstruasi untuk wanita Indonesia. Pembicaraan mengenai menstruasi yang kerap dianggap tabu ini berjalan dengan lancar dan perlahan-lahan dapat menormalkan diskusi tentang menstruasi di khalayak ramai. Sudut pandang keselarasan alam yang dibawa oleh Sustaination dapat dengan mudah diterima dan bersandingan dengan visi dan misi yang dibawa oleh Jejarang AMPL selama ini

Melalui pembicaraan ini kami pun belajar mengenai kondisi kesehatan menstruasi wanita Indonesia dari berbagai daerah yang masih sangat memprihatinkan. Lewat platform Instagram Live, perbincangan yang berlangsung selama 1 jam ditujukan untuk terus memberikan edukasi ke masyarakat luas serta mendobrak stigma tabu yang selama ini dikaitkan dengan menstruasi.

Thank you!

Kami percaya bahwa sebagai wanita, kita diberdayakan untuk bisa memilih bagaimana pengaruh dari menstruasi kita terhadap tubuh kita. Dengan mengedepankan semangat pemberdayaan wanita, kami berharap perbincangan ini membuahkan hasil yang baik. Kami juga berharap, melalui acara ini, wanita Indonesia dapat segera memperoleh haknya atas menstruasi yang sehat dan bersih.

Sustaination merasa kesempatan yang diberikan Jejaring AMPL kali ini semakin menguatkan usaha kami untuk membawa semangat pemberdayaan kepada segala kalangan. Terima kasih Jejaring AMPL atas kepercayaannya kepada kami untuk mengisi acara ini.

Semoga sesi Instagram Live ini bermanfaat dan kita dapat bertemu dilain kesempatan untuk bersama menghapus stigma tabu tentang menstruasi!


Untuk teman-teman yang ingin mengundang Sustaination dalam acara webminars dapat menghubungi kami: amira@sustaination.me atau kunjungi website kami untuk melihat acara lain yang kami isi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *