Food waste is stupid, habiskan makananmu mulai hari ini!


“Habiskan makananmu ya nak, nanti nasi dan petaninya nangis lho!”

said all parents.

Siapa yang pernah dengar orang tuanya bilang begitu? sewaktu saya kecil, saya diajarkan oleh orang tua saya untuk selalu menghabiskan makanan yang ada di piring saya.

Salah satu alasannya adalah supaya nasinya ngga nangis. It’s so simple tapi ngena banget sampai sekarang saya sudah punya anak lagi. Ternyata, ajaran orang tua kita itu 100% akurat lho! malahan, bukan hanya nasi yang menangis, tapi bumi dan jutaan orang kelaparan di dunia ini juga ikut menangis. Food waste atau makanan layak makan yang terbuang adalah sampah paling konyol yang ada di dunia ini. Food waste is stupid, and here is why.

#1 Food waste vs Krisis kelaparan & gizi buruk dunia

Data dari FAO menunjukkan bahwa setiap tahun ada 1.6 milyar ton makanan yang diproduksi terbuang dan 1.3 Milyar ton dari jumlah ini merupakan makanan layak makan. Padahal, hanya butuh 1/4 dari bagian terbuang ini untuk memberi makanan ke 870 juta penduduk dunia dan mengakhiri krisis kelaparan dunia[1]

“wasting food is like stealing form the poor”

pope Francais, 2013 

 bagaimana dengan Indonesia?Berdasarkan data dari The Economist Intelligence Unit, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara yang membuang makanan terbanyak di dunia setelah Arab Saudi. Rata-rata satu orang Indonesia membuang sekitar 300 kg makanan layak makan setiap tahun. Padahal, masih ada 19.4 juta rakyat Indonesia yang memiliki gizi buruk. [2]

#2 Food waste = waste of money

Food waste menyebabkan kerugian sebesar USD 680 juta di negara maju dan USD 310 juta di negara berkembang seperti Indonesia ini [3]. Bayangkan apa yang kita bisa perbuat dengan jumlah uang sebanyak itu? 

#3 Food waste = waste of water and land usage

Data dari FAO menunjukkan bahwa dibutuhkan volume air sebanyak 250 km3 per tahun atau sama dengan volume air danau toba untuk memproduksi 1.3 milyar ton makanan yang terbuang. Selain itu, untuk memproduksi jumlah makanan yang terbuang ini, diperlukan 1.4 milyar hektar lahan pertanian (28% lahan pertanian dunia). Luas ini sama dengan 1.5 kali dataran China! [4] it’s definitely such a waste of resources! 

Bayangkan berapa banyak hutan yang ditebang untuk membangun lahan pertanian/perkebunan/peternakan ini? berapa banyak habitat yang dikorbankan? berpa banyak jumlah air dan tanah yang bisa kita gunakan untuk hal lain? misalnya untuk hutan dan memberikan akses air bersih dan layak minum. 

#4 Food waste = efek rumah kaca & perubahan iklim

Jumlah emisi karbon yang dihasilkan dari food waste ini diperkirakan mencapai 3.3 milyar ton CO2 setiap tahun. Jika kita mengibarakan food waste ini sebagai sebuah negara, negara food waste ini merupakan negara ketiga penyumbang emisi karbon terbanyak penyebab efek rumah kaca dan perubahan iklim di bumi.

Jadi, setelah tau semua ini, masihkah kamu menyisakan dan membuang makanan di piringmu? #foodwaste #indonesiafoodwaste #nofoodwaste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *