Apa itu Emisi Karbon? Emisi Karbon adalah…

Emisi Karbon adalah zat berupa gas yang dihasilkan dari aktivitas pembakaran senyawa-senyawa yang mengandung karbon. Gas ini juga menjadi salah satu penyebab dari perubahan iklim dunia dan pada akhirnya berujung ke pemanasan global. Kamu bisa menemukan gas ini dihasilkan dari cerobong asap pabrik, asap buangan kendaraan, mobil hingga kentut sapi. 

emisi karbon adalah

Kalau emisi karbon disampaikan secara kuantitas, maka akan Kamu kenal istilah Jejak Karbon. Biasanya itu dihitung dengan satuan ton ekuivalen karbon dioksida atau CO2. Contohnya Kendaraan pribadi di Jakarta menyumbang jejak karbon sebesar 4.82 kg CO2.ย 

Akibat Emisi Karbon

Wajar jika lebih orang yang tahu kalau emisi karbon adalah hasil dari penggunaan alat transportasi dan aktivitas pabrik, karena terlihat jelas asapnya. Padahal banyak aktivitas lain yang kita lakukan selama ini, juga jadi penyumbang emisi karbon, dan bahkan dari aktivitas makan! Kamu bisa baca selengkapnya di Menghitung Jejak Karbon dalam Satu Hari.

Karena faktanya memang beberapa jenis makanan menjadi pemicu dari aktivitas yang menghasilkan jejak karbon. Bahkan dalam jumlah yang sangat besar dan tidak kita sadari selama ini. Kamu bisa cari tahu lebih jauh tentang makanan pemicu dari aktivitas penghasil jejak karbon di Produksi Jejak Karbon dalam Makanan.

Jadi sama sekali hal yang berlebihan jika yang mengatakan bahwa โ€œNasib bumi ditentukan oleh isi piringmu!โ€, karena memang faktanya demikian. Tak banyak disadari bahwa makanan-makanan lezat yang digemari selama ini, menjadi titik awal dari kerusakan. Mulai dari ekosistem, kekeringan, cuaca ekstrim, dan beragam dampak buruk dari emisi karbon lainnya. Kamu bisa baca lebih banyak tentang itu di Dampak Jejak Karbon yang Kita Hasilkan.

Apa yang Perlu Kita Lakukan?

Semakin tahu tentang emisi dan jejak karbon memang bagus. Tapi menjadi sia-sia jika tidak ada usaha untuk mendukungnya. Karena kondisi bumi sudah kian kritis dan membutuhkan lebih banyak aksi dari orang-orang yang masih peduli. Kamu pun bisa melakukannya dari aktivitas keseharianmu, Kamu bisa baca di 6 Tips Mengurangi Emisi Karbon dalam Aktivitasmu.

emisi karbon adalah

Untuk Kamu yang ingin memberi lebih banyak dukungan dan mengubah kebiasaan makan, bisa baca artikel Tips Mengurangi Emisi Karbon dari Makanan . Kamu akan dapat penjelasan mendalam tentang bagaimana membangun gaya konsumsi yang lebih baik dan ramah untuk masa depan bumi kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *