Cara Mulai Mengompos di Rumah

Mau mulai mengompos, tapi bingung mulai dari mana? Yuk belajar cara mudah mulai mengompos di rumah melalui artikel ini.

Sebelum mulai, mungkin kamu perlu menentukan wadah atau jenis komposter yang cocok dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mengenal lebih dekat ragam jenis dan wadah komposter disini

Material yang dapat Dikomposkan

Sebelum memulai mengompos, sebaiknya kita mengenal material apa saja yang bisa dikomposkan. Pada umumnya, kita memerlukan dua jenis material yaitu material hijau dan material coklat. Material hijau berupa sisa organik segar berwarna hijau, seperti daun, bunga, sisa buah dan sayur, teh, ampas jus, tulang, nasi, daging, sisa makanan, makanan basi, dll. Sedangkan material coklat berupa sisa organik kering berwarna coklat, seperti daun kering, sekam mentah, sekam matang, serbuk kayu, ranting, kertas, koran, kardus dll.

Material yang dapat dikomposkan by Sustaination

Prinsip dasar dan Step-by-Step membuat Komposter di Rumah

Setelah kita mengenal jenis-jenis komposter, langsung kita bisa membuat Komposter sederhana dirumah. Pada dasarnya semua jenis komposter memiliki prinsip umum pembuatan yang hampir sama (kecuali biopori dimana sisa organik tidak perlu diaduk). Berikut 5 langkah mudah untuk memiliki komposter sederhana dirumah!

1. Siapkan Bahan dan Wadah Mengompos

Siapkan bahan baku: sampah coklat, sampah hijau, tanah, air cucian beras, bisa juga ditambahkan EM4 yang merupakan bioaktivator untuk mempercepat proses penguraianSiapkan alat: sesuaikan dengan tipe komposter yang kita pilih

  • Tatakura: keranjang berlubang, kardus bekas
  • Gerabah: pot gerabah, bor
  • Komposter ember: drum plastik/metal bekas cat atau lainnya, bor

2. Buat Sirkulasi Udara dan Starter Kompos

Lubangi drum plastik/pot dengan bor dan isi dengan campuran sampah hijau dan sampah coklat dengan perbandingan 1:1. Ada baiknya sampah hijau yang berupa sampah organik di cincang terlebih dahulu untuk mempermudah proses penguraian. Campurkan pupuk kompos yang sudah jadi dengan tanah biasa dengan perbandingan 1:1. Tanah mengandung mikroba yang akan membantu proses pengomposan. Campuran ini berperan sebagai starter komposter. Diamkan selama 1-2 hari.

3. Layer Sampah Organik

Masukkan sampah organik dengan perbandingan sampah coklat : sampah hijau yaitu 2:1. Artinya, jika kita memasukkan 1 mangkuk sampah hijau, kita memerlukan 2 mangkuk sampah coklat diatasnya. Kita memulai dengan membuat layer pertama yaitu sampah coklat terlebih dahulu, kemudian diikuti sampah hijau, dan sampah coklat diatasnya. Ulangi proses layering hingga komposter penuh.

cara mengompos
Layer sampah di komposter dan biopori

4. Aduk Komposmu

Aduk komposter minima 1 kali seminggu, semakin sering semakin baik. Sebaiknya komposter diaduk setiap kali memasukkan sampah organik. Hal ini bermanfaat untuk memberikan sirkulasi udara yang baik didalam komposter.

5. Panen Kompos

Kompos dikatakan sudah jadi apabila warna menjadi kehitaman, tidak ada sisa organik hijau, tidak ada hewan pengurai dan tidak ada bau sampah yaitu sekitar 4-6 minggu. Pisahkan bagian yang kasar dengan ayakan, ambil yang halus. Pupuk kompos yang kasar dapat dicampurkan kembali ke dalam bak pengomposan sebagai aktivator. 

Nah kalau kamu mau lihat step-by step lengkapnya kamu bisa tonton video dibawah ini.

Masalah Umum Komposter dan Cara Penanganannya

Mengompos secara teori memang terlihat mudah, namun, butuh kesabaran agar berhasil. Nah, disini saya rangkumkan beberapa masalah atau kendala umum yang sering terjadi saat membuat kompos dan cara menanganinya.

jenis komposter

Penggunaan Kompos

Apa yang harus dilakukan jika kompos sudah siap untuk dipanen? Pupuk kompos yang sudah siap dipanen bisa dikeringkan dan diayak sehingga berbentuk pupuk kompos yang bersih dan halus. Nah, pupuk kompos ini sangat baik untuk digunakan di semua jenis tanaman! Jadi, untuk kamu yang punya taman, kebun, atau tanaman-tanaman indoor, kamu bisa tambahkan pupuk kompos ini ke tanamanmu! dengan begini, kamu tidak perlu lagi membeli pupuk kan? tidak punya taman atau tanaman?kamu bisa berikan komposmu ke lingkungan sekitar, misalnya untuk taman di komplek rumahmu, atau as simple as diberikan ke tetangga sebelah rumah! 

Sharing Komposmu!

Nah kalau kamu sudah bisa membuat kompos, jangan lupa untuk sharing komposmu di komunitas lingkungan di sekitarmu. Dengan begini, kamu akan membantu proses edukasi kompos ke masyarakat di sekitar rumahmu dan menjaga supaya sisa organik tidak tertimbun di TPA dan menjadi gas metana! Kamu juga bisa daftarkan kompostermu di sharewaste, dimana situs ini mendata komposter yang tersedia di daerah sekitar rumahmu. The good thing is: It is FREE! 

yuk ajak tetangga untuk mengkompos juga! Sharing juga #CeritaKomposmu dengan tag kami di instagram @sustaination Jadi gimana? Sudah siap bikin kompos di rumah?

 #kompos#caramengkompos#komposter#membuatkompos#membuatkomposter#gerabah#biopori#takakura#komposterdrum

One thought on “Cara Mulai Mengompos di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.