Pembalut vs Menstrual Cup : Lebih Murah Mana?

Dari sekian banyak pembahasan tentang Pembalut vs Menstrual Cup, persoalan harga jadi salah satu yang cukup menarik. Sangat wajar karena mayoritas orang menjadi kembali ragu setelah tahu harga Menstrual Cup. Pembalut saja harganya mulai dari Rp 1000an, Menstrual Cup sampai ratusan ribu, mahal banget! Emang iya?

Sebelum membahas lebih jauh soal itu, sepertinya butuh diperjelas dulu tentang asumsi Menstrual Cup itu seperti apa. Supaya siapapun Kamu yang baca tulisan ini, bisa sama-sama paham realitasnya. Sehingga ketika membandingkan dengan pembalut pun bisa lebih proporsional. Oke?

Apa itu Menstrual Cup?

Pembalut vs Menstrual Cup

Buat Anda yang mungkin masih asing dengan menstrual Cup, bentuknya wadah cawan yang nantinya berfungsi untuk menampung darah haid. Cara pakainya mirip seperti tampon, cup itu dimasukkan ke lubang vagina. Bahannya dari silicon elastis yang umumnya sudah 100% medical grade, BPA Free dan bebas bahan kimia. Salah satu yang sudah dikenal nyaman dan aman dipakai, Organicup Menstrual Cup, yang bahkan bisa dipakai sampai 12 jam!

Bagaimana kalau cup sudah penuh oleh darah? Tinggal dikeluarkan terus dicuci deh! Kalau sudah bersih, cup bisa dipakai lagi untuk menampung darah haid. Itulah kenapa dalam perdebatan tentang Pembalut vs Menstrual Cup, persoalan ramah lingkungan juga jadi salah satu kelebihan cup. Karena cup yang diklaim bisa dipakai sampai 10 tahun, jelas membuatnya sangat minim sampah dibanding pembalut konvensional!

Harga Pembalut vs Menstrual Cup

Setelah memahami tentang Menstrual Cup, sekarang coba kita hitung dan bandingkan dengan pembalut. Apakah benar anggapan orang-orang bahwa Menstrual Cup itu mahal? Ataukah justru pembalut yang lebih boros?

Pembalut Konvensional Sekali Pakai

Kita gunakan asumsi harga pembalut sekali pakai secara umum untuk satu periode menstruasi (per bulan) :

  • Pembalut Reguler = 10-15 ribu
  • Pembalut Malam = 15-20 ribu

Sebenarnya ada beberapa merek pembalut sekali pakai yang lebih mahal dari itu. Tapi kita gunakan asumsi merek pembalut yang banyak dipakai saja.

Menstrual Cup

Sekarang coba kita hitung harga Menstrual Cup untuk setiap bulannya. Misal kita gunakan harga Menstrual Cup Organicup di bawah ini :

Pembalut Sekali PakaiMenstrual Cup
Organicup
HARGAReguler : Rp 10-15 ribuan
Malam : Rp 15-20 ribuan
Rp. 399.900
MASA PAKAISekali pakai10 tahun
BIAYA PER BULANRp 25ribu – 35ribu anRp 3ribu an

Soooo… Disini sudah jelas bukan mana yang lebih murah antara Pembalut vs Menstrual Cup?

Menstrual Cup Lebih Hemat 90%!

Memang harga Menstrual Cup jauh lebih mahal. Tapi ketika kita hitung dengan jangka waktu pemakaian, Menstrual Cup jatuhnya justru lebih murah! Kita bisa hemat pengeluaran sampai 90% !

Jadi, apa lagi yang membuat Kamu ragu buat beralih ke Menstrual Cup?

Leave a Reply

Your email address will not be published.