Cara Membuat Kompos yang Bisa Kamu Coba di Rumah!

Ternyata masih banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya cara membuat kompos itu gampang! Setiap stepnya tidak butuh proses yang ribet dan setiap orang bisa untuk mencobanya sendiri di rumah. Bahkan untuk Kamu yang tidak punya lahan luas juga bisa kok melakukannya. Tidak percaya? Simak lebih lanjut di bawah ini!

Cara Membuat Kompos

  1. Siapkan area untuk membuat kompos, bisa galian tanah, lubang biopori atau wadah komposter (ember)
  2. Masukan sampah organik yang akan dibuat jadi kompos ke dalam wadah tersebut
  3. Tambahkan mikroba atau katalisator supaya kompos lebih cepat jadi. Misalnya kotoran sapi, kompos setengah jadi, atau bioaktivator
  4. Lubangi wadah kompos atau aduk secara rutin tiap 4-5 hari sekali.
cara membuat kompos

Biasanya dalam waktu 4-5 bulan, kompos sudah siap panen. Tapi hal itu juga akan dipengaruhi oleh jenis sampah organik yang Kamu jadikan bahan kompos. Untuk memastikan apakah kompos Kamu sudah siap panen atau belum, bisa baca Macam-macam Panen Kompos Lengkap dengan Ciri-cirinya! Di artikel ini Anda akan tahu ciri-ciri kompos yang sudah siap panen.

Sedangkan untuk Kamu yang merasa bingung karena tidak memiliki lahan untuk membuat kompos, Kamu bisa coba ikuti cara membuat kompos di artikel Membuat Kompos di Lahan Sempit. Kamu akan tahu bahwa membuat kompos pun bisa dilakukan tanpa dukungan lahan dan bahkan bisa Kamu lakukan indoor!

Biasanya untuk membuat kompos di lahan sempit akan menggunakan wadah khusus atau yang disebut komposter. Mungkin Kamu akan temukan banyak ragamnya, tapi tak perlu bingung Kamu hanya perlu baca artikel Mengenal Jenis Komposter dan Cara Membuatnya di Rumah

Setelah ini Kamu akan sadar kalau cara membuat kompos ternyata semudah itu! Selain bisa Kamu pakai sendiri, kompos hasil produksimu pun bisa Kamu jual kembali kalau mau. Menyelamatkan lingkungan sekaligus tambah cuan, tambah seru kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *