Apa itu Zero Waste? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Zero waste adalah gaya hidup “nol sampah”, yang berusaha diwujudkan dengan prinsip 4R (Reuse, Reduce, Recycle, Repair), bukan hanya untuk mengurangi tumpukan sampah di TPA tapi juga membangun perekonomian berkelanjutan (circular economy) yang minim sampah dan dampak terhadap lingkungan. Apakah mungkin? Temukan disini jawabannya!

zero waste adalah

Memang banyak miskonsepsi yang selama ini agak menyesatkan sehingga membuat tak sedikit orang bingung. Tapi Kamu tak perlu mengalaminya dan bisa langsung memahami dari contoh penerapan riil gaya hidup zero waste di Sampah, Apakah Benar-benar Ada?. Sedangkan untuk Kamu yang penasaran tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan circular economy, Sustaination sudah membahasnya di Circular Economy: Harapan Baru untuk Indonesia! jadi tinggal klik aja!

Mengapa Harus Zero Waste?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diutarakan, wajar. Karena mengubah gaya hidup yang semula “buang sampah tinggal dibuang”, tapi kini dipikirkan ulang akan diolah bagaimana. Dari yang semula “beli produk tinggal beli”, tapi kemudian menjadi lebih menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak perlu, dan kalaupun membeli akan berpikir tentang “produk mana yang paling bijak untuk dibeli?”.

zero waste adalah
Sumber pexels.com

Apakah semua perubahan itu worth it? Kamu akan menemukan jawabannya di 5 Alasan Mulai Hidup Zero Waste tentang mengapa orang-orang banyak beralih ke Zero Waste Lifestyle. Bahwa itu semua bukan semata tren, tapi zero waste adalah sesuatu yang lebih besar dari itu. Seperti juga halnya Zero Waste dari Hulu ke Hilir, harapan terbaik untuk kelestarian bumi di masa mendatang. 

So, apa Kamu tertarik untuk ikut didalamnya? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *