Manfaat Kombucha Belum Banyak Orang Tahu!

Kombucha adalah salah satu jenis teh yang didapatkan dari proses fermentasi. Sebenarnya teh ini bukanlah hal yang baru, karena sudah dikonsumsi oleh orang Tiongkok sejak 2000 tahun yang lalu. Teh dibuat dengan menerapkan proses fermentasi pada teh, gula dan ragi dalam jangka waktu satu minggu atau lebih.  Proses fermentasi yang dilakukan pada akhirnya akan memunculkan rasa asam yang tajam seperti halnya cuka. Karena zat asam, alkohol dan bakteri akan berkembang secara alami di dalamnya. Meskipun citarasanya berbeda dengan teh pada umumnya, tapi banyak orang yang tertarik dan menyukainya, terutama karena manfaat kombucha didalamnya, 

Manfaat Kombucha

manfaat kombucha
sumber ranahriau.com

Untuk Kamu yang penasaran, inilah beberapa manfaat dari mengonsumsi teh kombucha

  1. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Teh kombucha mengandung antioksidan dan probiotik yang sangat efektif untuk menguatkan kekebalan tubuh, melawan bakteri jahat, menyembuhkan peradangan hingga meningkatkan kesehatan pencernaan. 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kabar baik untuk orang-orang dengan kadar gula darah yang tinggi. Karena teh ini juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah karena kombucha terbukti bisa memperlambat pencernaan karbohidrat di dalam tubuh. 

  1. Perkecil Resiko Kanker

Selain dua manfaat hebat di atas, kombucha juga mampu mencegah pertumbuhan maupun penyebaran sel-sel kanker. Karena kandungan antioksidan polifenol yang dimilikinya. 

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Ginjal dan Jantung

Manfaat teh kombucha yang juga tak bisa diremehkan adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus meningkatkan angka kolesterol baik (HDL). Karenanya teh ini dianggap mampu mengurangi resiko penyakit ginjal maupun jantung. 

Sekarang Kamu sudah tahu tentang pengertian Kombucha sekaligus dengan manfaat-manfaatnya yang membuat banyak orang menyukainya. Tapi meski begitu, teh ini tidak disarankan untuk ibu hamil, bayi dan anak-anak serta orang dengan gangguan kesehatan tertentu. Jadi, kalau Kamu mau mencoba, lebih baik konsultasi dengan dokter dulu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *