Potensi Kulit Kopi Sebagai Energi Terbarukan Masa Depan

Kalau biasanya kita mengenal biji kopi sebagai bahan pembuatan bubuk kopi untuk konsumsi, kali ini pembahasannya berbeda, yaitu potensi kulit kopi. Iya, bagian kulit yang biasanya hanya dibuang sebagai limbah, ternyata punya potensi yang sangat menarik. Tidak tanggung-tanggung, selain bisa diolah jadi bahan pangan, kulit kopi berpotensi untuk dijadikan sebagai energi terbarukan!

Kulit Kopi Menjadi Biogas

Kulit kopi yang semula hanya berakhir menjadi permasalahan lingkungan (limbah), kini justru berpotensi menjadi salah satu bahan bakar yang sangat berguna dan lebih ramah lingkungan. Roy Hendroko Setyobudi, mahasiswa prodi Doktor Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, mengupasnya dalam penelitian berjudul “Potensi Pulpa Kopi sebagai Biogas – Energi Terbarukan dan Pangan Fungsional Sumber Fe untuk Mengatasi Anemia Gizi Besi”. Ia melihat bahwa selama ini kulit kopi adalah salah satu limbah potensial yang belum banyak dimanfaatkan oleh para produsen kopi. 

potensi kulit kopi

Penelitian ini bahkan sudah diulas secara khusus di dalam 5 artikel tingkat internasional. Berbagai pihak juga tertarik dengan penemuan ini dan berusaha mengupas lebih mendalam tentang potensinya untuk dimanfaatkan sebagai digester biogas. 

Kulit Kopi sebagai Bahan Pangan

Tidak cukup menjadi potensi energi terbarukan masa depan, Roy juga menemukan bahwa limbah kopi ini bisa diolah menjadi produk pangan, yaitu tepung kopi. Ia telah menganalisanya dengan Principal Coordinates Analysis (PCoA) pada 7 sampel pulpa di 7 variable pengamatan. Penelitiannya terhadap pengolahan di The Coffee Cherry Co., Canada ini menemukan bahwa pulpa kopi atau daging kopi yang selama ini dibuang, dapat dibuat menjadi tepung layak konsumsi. 

Roy sangat serius melanjutkan pengembangan penelitiannya, agar kulit kopi dapat benar-benar dimanfaatkan. Saat ini ia dan timya sedang berusaha merancang desain pengering kulit kopi agar dapat memanaskan pada suhu 50 °C dan membuatnya bekerja lebih optimal. Semoga dalam beberapa waktu kedepan kita akan benar-benar mendapatkan kabar baik dari penelitiannya. Karena hal ini akan menjadi sebuah solusi bagi limbah industri kopi sekaligus angin segar untuk ketersediaan alternatif energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan! 

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/419662/potensi-kulit-kopi-sebagai-bahan-energi-terbarukan-dan-pangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.