Coral Triangle Day, peringatan akan pentingnya koral dan laut!

Coral Triangle Day adalah hari yang dirayakan secara khusus sebagai bagian dari gerakan untuk mengajak masyarakat ikut melindungi atau menjaga area Coral Triangle. Hari ini dirayakan setiap tanggal 9 Juni sejak tahun 2012. Area tempat Coral Triangle meliputi perairan Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan Kepulauan Solomon. Kawasan itu menjadi Coral Triangle karena menjadi habitat dari 75% persen populasi koral di seluruh dunia, dengan lebih dari 600 spesies terumbu karang disana. Peringatan Coral Triangle Day pastinya diharapkan bisa menjadi pengingat untuk kita supaya lebih memperhatikan habitat terumbu karang. Karena keberadaannya sangat penting untuk nasib hidup makhluk hidup di bumi, bukan hanya lautan saja!

Pohon Lautan

coral triangle day

Peran pertama yang sangat penting dari terumbu karang adalah posisinya sebagai β€œpohon” di lautan. Iya, seperti halnya pohon di darat, terumbu karang pun menjadi kunci untuk habitat banyak makhluk hidup di laut. Memberikan mereka tempat untuk berlindung, berkembang biak, dan tempat mendapatkan makanan. 

Meski berbeda, tapi terumbu karang juga punya peran yang hampir sama seperti pohon menghasilkan oksigen. Karena mereka yang memproses ulang berbagai komponan inorganik, seperti halnya karbon dioksida, nitrat, fosfat, yang dibutuhkan oleh biota laut lainnya. Karenanya wajar jika sampai diperingati secara khusus dengan Coral Triangle Day.

Melindungi Daratan Pesisir

Ini peran dari terumbu karang yang tak banyak orang tahu. Selain mampu melindungi hewan-hewan laut, terumbu karang juga bisa melindungi daratan pesisir dengan menahan gelombang atau ombak. Sehingga tidak langsung menyebabkan abrasi pada pantai. Bahkan untuk kondisi yang lebih serius, terumbu karang juga diklaim mampu mengurangi dampak dari tsunami terhadap daratan pesisir lho!

Sarana Penelitian dan Pariwisata

coral triangle day

Seharusnya ini bukan hal baru lagi untuk kita yang tinggal di negara kepulauan. Ketika melihat banyak turis yang rela untuk datang jauh-jauh dari negaranya demi melihat keindahan terumbu karang di Indonesia. Tak sedikit juga yang datang untuk melakukan penelitian karena memang terumbu karang sejatinya dapat membantu memberikan gambaran kejadian masa lalu, dan membantu penelitian tentang prediksi masa depan. Selain itu terumbu karang mampu membantu memberikan informasi terhadap hal-hal yang tengah terjadi di laut dan bagaimana kesehatan dari laut itu sendiri. 

Itulah juga mengapa kita perlu mengingat Coral Triangle Day dan menjadikannya semangat untuk ikut serta peduli terhadap terumbu karang. Karena bahkan kita sendiri, sebagai warga Indonesia mendapatkan keuntungan dari keberadaannya. Laut kita menjadi sangat menarik untuk pariwisata dengan keragaman hayati yang sangat menarik. Secara tidak langsung itupun akan mendongkrak perekonomian di Indonesia, khususnya untuk masyarakat kawasan pesisir. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *