Tips: Ide Hadiah Minim Sampah

Natal, tahun baru dan hari ulang tahun merupakan hari-hari disaat kita memberikan hadiah kepada orang-orang tersayang. Namun, sayangnya, sering kali hadiah yang kita berikan kurang tepat sasaran sehingga hanya akan berakhir di tempat sampah. Belum lagi permasalahan bungkusan atau kertas kado yang tidak mudah didaur ulang. Tahun ini kita coba hal yang berbeda yuk!

Giving lifetime experiences instead of buying unnecessary stuffs to ease the burden of having more stuffs.

Bea johnson, zero waste home

Tentunya untuk kalian yang juga ingin memberikan kado atau hadiah spesial untuk hari natal, tahun baru, ulang tahun, pernikahan, dan hari spesial lainnya secara ramah lingkungan, ya kan?

Di bawah ini merupakan beberapa ide hadiah ramah lingkungan yang dapat kamu berikan kepada orang tersayang di hari-hari spesial.

1. Eco-Hampers

Hadiah untuk: Teman terdekat dan rang tersayang di hari-hari spesial seperti natal, lebaran, dan tahun baru.

Kamu bisa memberikan rangkaian barang-barang yang mendukung teman atau orang tersayang untuk memulai hidup lebih berkelanjutan, ramah lingkungan dan minim sampah dalam bentuk hampers. Lucu dan pastinya berguna banget kan!

2. Tanaman

Hadiah untuk: pecinta tanaman, pecinta dekorasi taman atau interior

Nah tanaman merupakah hadiah farovit saya. Kenapa? selain karena eco-friendly dengan tidak menghasilkan sampah, tanaman juga tahan lama (jika dirawat dengan benar). Beberapa tanaman dirumah saya merupakan hadiah ulang tahun dan hadiah waktu lahiran kemarin. Sampai sekarang cuma 1 buah tanaman yang mati karena saya tinggalkan sebulan! hehe 

kamu juga bisa berdonasi pohon untuk orang tersayang!

3. Zero Waste kit

Hadiah untuk: pemula Zero Waste, teman yang ingin kita pengaruhi untuk hidup minim sampah

Ada buanyak sekali pilihan zero waste kit! nah buat kamu yang ingin memberikan suatu hal yang spesial untuk si pemula zero waste lifestyle atau simply ingin “secara halus” mempengaruhi orang terdekat untuk mengurangi sampah, zero waste kit ini cocok sekali! Kamu bisa memberikan beberapa benda dibawah ini:

  • reusable bag : untuk yang suka belanja
  • reusable coffee cups : untuk yang suka ngopi
  • reusable straw, stainlelss container,
  • reusable cuttlery : untuk yang punya hobi kuliner
  • reusable & plastic free bottle : untuk siapa saja! 

4. Zero Waste personal care

Hadiah untuk : pernikahan, teman perempuan

Selain zero waste kit, kamu juga bisa memberikan beberapa zero waste personal care items lhooo. Misalnya untuk hadiah pernikahan, kamu bisa berikan beberapa set shampo dan sabun batang yang dibungkus dengan cantik! Sekarang sudah banyak sekali artisan lokal yang memproduksi sabun dan shampo berbahan alami yang ramah lingkungan, you just need to find one that suits you. Alternatively, untuk teman kamu yang wanita, kamu juga bisa kadokan OrganiCup, Menstrual Cup lho!

5. GYM or any lesson memberships

Hadiah untuk: teman kamu yang punya resolusi baru

Personally, saya suka sekali dengan tipe hadiah yang seperti ini. Kita bisa berikan any kind of membership di salah satu kelas yang teman kita ingin ikuti atau pelajari! misalnya kelas gym, kelas les musik, atau kelas kegiatan lainnya! selain ramah lingkungan, tipe hadiah semacam ini sangat bermanfaat karena bisa membantu teman kamu untuk mencapai resolusi barunya 

6. Spa or massage cards

Hadiah untuk: pernikahan, orang tua, istri, pacar

Tipe ini juga merupakan tipe hadiah favorit saya! who doesn’t love one day at a spa or massage center? and basically you can give it to anyone! bisa juga untuk orang tua kamu yang setiap hari kerja banting tulang. ngga ada salahnya kan kita sesekali berikan waktu santai untuk mereka menikmati spa atau pijatan supaya segar dan bisa beraktivitas kembali? 

7. Tiket Konser

Hadiah untuk: teman/pacar/saudara

you never know how happy your friend/sister/brother waktu kalian memberikan hadiah tiket nonton konser grup band atau penyanyi kesayangannya. You will make one of his/her dreams come true!

8. Ebooks, digital courses

Hadiah untuk: Teman atau saudara yang punya hobi baca

Masalah utama orang yang suka membaca buku adalah: “banyak sekali buku bagus diluar sana, tapi minim sekali budget untuk buku” ada yang merasa begini?. Kamu bisa membantu teman atau saudara kamu yang punya hobi baca dengan membelikan beberapa ebooks  yang sudah dia incar. Nah, alternatif lain, bisa juga coba tanyakan digital course berbayar apa yang dia sedang butuhkan? kita bisa bantu memberikan kejutan dengan membayar digital course yang sudah dia idamkan!

9. DIY your gift

Hadiah untuk: Your best friend, loved oned

Buatku hadiah yang dibuat sendiri adalah salah satu hadiah yang ngga ternilai harganya, apalagi kalau datang dari seseorang yang sangat dekat. Kamu bisa buat sendiri hadiahmu misalnya seperti buku memori bersama.

10. Your time

Hadiah untuk: Keluarga, Pacar

Sama halnya seperti kado buatan sendiri, kado berupa waktu juga sangat ngga ternilai. Karena seperti kata orang “waktu tidak bisa diputar kembali”. Jika seseorang memberikan waktunya untuk kamu, berarti kamu spesial. Beberapa ide misalnya :

  • Menggantikan menjaga anak
  • Menggantikan membereskan pekerjaan rumah
  • Meluangkan waktu bersama di rumah

11. Money or gift cards

Hadiah untuk: siapa saja!

Nah, kalau ini untuk yang sudah kehabisan ide hehe. Kalau bingung mau kasih hadiah apa, kita bisa berikan uang mungkin beberapa orang tidak setuju dengan ide ini karena dirasa kurang sopan, alternatifnya, kita bisa berikan hadiah berupa gift cards atau voucher! Menurut saya, daripada kita berikan kado yang ternyata kurang diinginkan oleh orang yang bersangkutan, lebih baik kita berikan gift card supaya dia bisa pilih kadonya sendiri hehehe


Kalau kamu punya ide lain untuk kado yang ramah lingkungan?

#zerowastegifts#zerowaste#hadiah#minimsampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *