Bijak dengan Sampah, Mengelola dari Rumah hingga Mengirim Sampah ke Dropbox

bijak dengan sampah

Minggu 20 Maret 2022 – Sustaination bersama Green Movement Indonesia dan Nutrifood, hadir dalam webinar mengenai gerakan bijak dengan sampah bertema ‘Dropbox Sampah Kemasan dan Edukasi Pengelolaan Sampah dari Rumah’.

Berdasarkan data dari Sustainable Waste Indonesia, Indonesia diestimasi menyumbang lebih dari 64 juta ton sampah setiap tahunnya. Asal sampah tersebut pun beragam, yaitu 48% dari rumah tangga, 4% dari pasar tradisional, 9% dari kawasan komersial dan sisanya dari fasilitas publik. Dari banyaknya sampah tersebut, 69% berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), 24% dibuang tanpa ijin dan hanya 7% yang berhasil didaur ulang. Volume sampah yang semakin meningkat dan tidak terkelola dengan baik pun memiliki dampak yang serius karena dapat mencemari lingkungan seperti menyebabkan polusi udara, air, tanah hingga menimbulkan berbagai penyakit. Untuk itu, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk bisa mengurangi timbulan sampah di TPA dengan melakukan pengelolaan sampah dari rumah.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih bijak dengan sampah khususnya bagi mereka yang berdomisili di daerah sekitar titik Dropbox Sampah Kemasan, Green Movement Indonesia mengadakan program volunteer Green Movers – Dropbox Sampah Kemasan. Direktur Green Movement Indonesia Kania Muksin menyampaikan, “melalui gerakan ini partisipan dapat belajar dan bertindak untuk melakukan pengelolaan sampah dari rumah, serta membagikan pengalamannya dalam melakukan pengelolaan sampah”. 

Salah satu bentuk edukasi yang dilakukan adalah webinar soal pengelolaan sampah di rumah, termasuk cara mengolah sampah organik secara sederhana. Dwi Sasetyaningtyasselaku CEO & Founder Sustaination memberikan tips mengenai pengelolaan sampah organik mulai dari jenis-jenis sampah organik yang bisa dijadikan kompos, Teknik dan manfaat mengompos (day-to-day task), ia juga menjelaskan bagaimana mengatasi kendala yang muncul saat mengompos.


Webinar ini dihadiri oleh 146 peserta, diisi mengenai edukasi pengelolaan sampah kepada para partisipan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya mendaur ulang sampah kemasan dengan menempatkan sampah kemasan mereka di dropbox sampah kemasan yang telah disediakan. 

#MulaidariPilihanku kegiatan ini juga memberikan pemahaman mengenai pentingnya mengelola sampah dan memaksimalkan kemampuan yang bisa dipraktikkan di kehidupan sehari-hari untuk melakukan pengelolaan sampah baik organik dan anorganik yang dapat dimulai dari rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.