Hobi Shopping? Simak Tips Jitu Belanja Minim Sampah Ini!

Bagi sebagian orang, belanja bisa jadi hal biasa, tapi sebagian lainnya, belanja bagaikan sama menyenangkannya seperti piknik! Melihat aneka produk, memilihnya, memasukkan ke keranjang, membayarnya di kasir, lalu membawanya pulangโ€ฆ Betapa serunya! Hanya saja sayang sekali, cuma sedikit yang tahu dan mau belanja minim sampah. Mereka pakai banyak plastik yang akhirnya hanya berakhir jadi limbah!

belanja minim sampah

Kalau sudah begini, akhirnya jadi merasa bersalah, bukan? Kita melakukan hobi tapi merugikan untuk orang lain, dan pada akhirnya kita juga rugi sendiri. Semakin sulit untuk kita rasakan nikmatnya alam yang asri. Sebaliknya semakin akrab kita dengan gunungan sampah plastik yang tak pernah benar-benar terselesaikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kita biasakan dengan berbagai tips belanja minim sampah ini!

Bulk Store atau Supermarket?

Ini adalah pertimbangan pertama yang perlu Kamu lakukan kalau ingin belanja dengan tetap ramah lingkungan. Karena tempat Kamu membeli produk juga akan berpengaruh pada banyak tidaknya sampah plastik yang Kamu buang. Inilah hal-hal penting untuk Kamu memilih berbelanja di supermarket atau bulk store :

Supermarket ramah lingkungan

Bukan hal yang salah kalau Kamu lebih suka untuk berbelanja di supermarket. Tapi belanjamu akan lebih minim sampah jika memilih supermarket ramah lingkungan. Karena mereka tidak memakai kantong plastik, sehingga Kamu bisa memakai kantong pakai ulang milikmu sendiri untuk wadahnya.

Selain itu, misalkan Kamu membeli buah, Kamu bisa meminta mereka untuk tak membungkusnya dengan plastik. Kamu bisa pakai wadahmu sendiri, entah itu tas kain atau tas jaring, jadi semakin sedikit deh sampah plastik yang Kamu buang!

belanja minim sampah

Bulk Store (Toko Curah)

Ini jadi alternatif yang juga bagus untuk Kamu mulai belanja minim sampah. Karena ketika Kamu belanja di toko curah, Kamu bebas untuk pakai kemasanmu sendiri. Mereka tidak akan pakai kantong plastik kalau Kamu tak memintanya. Jadi seluruh kemasan produk yang Kamu beli bisa minim plastik deh!

Bigger is Better!

Nah, ini juga penting untuk Kamu ingat ketika belanja ya. Karena kadang orang-orang pilih kemasan yang ekonomis karena harga murah. Padahal, dengan kemasan yang kecil-kecil, apalagi kalau kemasannya plastik, justru semakin menumpuk sampah, kan?

belanja minim sampah

Jadi kalau memang Kamu punya dana yang cukup, beli sekalian kemasan yang besar supaya belanja minim sampah. Karena dengan begitu Kamu buang lebih sedikit sampah plastik dibanding beli kemasan-kemasan kecil. Sebenarnya itupun juga lebih menguntungkan Kamu lho! Karena biasanya harga untuk kemasan besar lebih murah. Kamu pun jadi tak harus belanja berulang kali karena punya stok lebih banyak. 

Kalau Belanja Online, Gimana?

Nggak perlu bingung! Sekarang banyak kok toko online yang sediakan kemasan ramah lingkungan seperti Sustaination. Mereka ganti kemasan plastik dengan kemasan kardus atau kertas karton. Kalau mereka tak berikan keterangan, Kamu bisa tanya langsung ke admin toko lewat chat. Mudah, kan?

Untuk produk-produk yang rawan rusak akan dilapisi dengan shredded paper, kertas koran yang diremas atau kain perca. Jadi tak harus pakai bubble wrap dari bahan plastik. Sedangkan untuk selotip, bisa pakai selotip kertas, alih-alih pakai selotip plastik. Produk yang Kamu beli jadi tetap terjamin aman, kan?

Lalu gimana pengirimannya? Ya. Memang ini jadi potensi masalah selanjutnya, karena biasanya dari pihak ekspedisi memakai pelapis kemasan plastik. Tapi sebenarnya ini juga bisa kok Kamu atasi! Kamu bisa minta ke penjual supaya berikan catatan itu ke pihak ekspedisi. Jadi mereka tak lapisi lagi paketnya dengan kemasan plastik deh!

Sebenarnya tak ribet kan untuk mulai belanja minim sampah? Banyak kok cara yang bisa Kamu pakai selain pakai kemasan berbahan plastik. 

Jadi, Kapan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *