Apa itu Kompos? Ini Penjelasan Lengkapnya!

apa itu kompos
sumber: cnnindonesia.com

Apa itu Kompos? Kompos adalah hasil olahan sisa-sisa buangan makhluk hidup atau sampah organik yang dibuat menjadi pupuk dan mengandung banyak unsur karbon dan nitrogen. Kandungan tersebut didapatkan dari proses pembusukan sampah organik oleh aneka hewan pengurai, mikroba, jamur selama pengolahannya. 

Kompos umumnya berwarna gelap (hitam atau cokelat tanah), tidak berbau dan teksturnya agak lembab tapi juga tidak terlalu basah. Jika ketiga ciri-ciri itu sudah ada, kompos sudah bisa dipanen dan digunakan sebagai pupuk tanaman atau untuk media penyubur tanaman. Meski begitu, perbedaan jenis sampah organik yang diolah menjadi kompos, berpengaruh pada wujud hasil akhir dari kompos saat dipanen. 

Baca lebih lanjut tentang beragam jenis panen kompos di Macam-macam Panen Kompos Lengkap dengan Ciri-cirinya!

Selain bermanfaat sebagai pupuk yang bisa menambah kesuburan tanaman, kompos juga membawa manfaat bagi masalah tumpukan sampah. Terutama sampah jenis organik yang mendominasi kuantitasnya di Tempat-tempat Pembuangan Akhir. Karena tidak banyak orang yang memahami bahwa tumpukan sampah organik bisa menghasilkan gas metana yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa lingkungan sekitarnya. 

Baca lebih lanjut tentang fakta bahaya tumpukan sampah organik yang tidak diolah di Bahaya Sampah Organik, Ancaman Besar Bagi Bumi Kita!

Cara Membuat Kompos

apa itu kompos
sumber: berkeluarga.id

Padahal sebenarnya membuat kompos bukanlah hal yang susah, lho! Setiap orang bisa membuatnya di rumah masing-masing dari sampah rumah tangga. Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses mengompos juga tidak sulit didapatkan. Bahkan untuk Kamu yang tidak memiliki lahan luas pun juga tetap bisa melakukannya. Karena memang membuat kompos sebenarnya hanya membutuhkan kemauan untuk bergerak. 

Kamu bisa baca lebih lanjut tentang Cara Membuat Kompos di lahan sempit, Dijamin Mudah!

Melalui artikel itu Kamu akan semakin tahu bahwa membuat kompos adalah hal yang mudah dan menyenangkan. Bukan hanya Kamu turut menyelamatkan bumi dari tumpukan sampah, tapi juga membuat rumah Kamu bebas dari bau sampah yang menyengat! Hasil dari kompos yang sudah Kamu buat pun tidak hanya bisa Kamu manfaatkan sendiri untuk berkebun tapi juga bisa dijadikan bisnis! Manfaatnya banyak sekali, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *