Apa itu Menstrual Cup? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Menstrual Cup? Menstrual Cup adalah wadah cawan yang terbuat dari bahan elastis yang berfungsi untuk menampung darah haid pada cekungannya. Wadah ini dimasukkan ke dalam liang vagina supaya kemudian bisa menahan darah haid. Menstrual cup dapat dilepas secara teratur selama beberapa jam sekali atau saat darah haid sudah cukup banyak yang tertampung. Biasanya terbuat dari bahan yang telah teruji seperti silikon medis. 

Apa itu Menstrual Cup?
sumber: amazon.com

Bagi orang luar yang sudah terbiasa menggunakan tampon (yang juga dimasukkan ke lubang vagina), mungkin tidak terlalu terkejut saat beralih ke menstrual cup. Berbeda dengan wanita Indonesia yang dominan menggunakan pembalut sekali pakai, cukup banyak yang merasa khawatir. Apalagi dengan adanya mitos-mitos seperti apakah menggunakan menstrual cup akan menghilangkan keperawanan? Kamu bisa baca ulasan lebih lengkapnya tentang itu di Menstrual Cup Bahaya untuk Perawan? Mitos atau Fakta?

Selain itu juga ada mitos-mitos lain yang biasanya dipertanyakan oleh para wanita saat ingin beralih ke menstrual cup. Daripada Kamu nantinya tersesat oleh semua berita simpang-siur tersebut, lebih baik baca lebih lengkapnya tentang apa itu menstrual cup dan Fakta dan Mitos Menstrual Cup yang Wajib Kamu Tahu!

Menstrual Cup Lebih Ramah Lingkungan

Apa itu Menstrual Cup?
sumber: thevallenpost.com

Satu hal yang pasti dan merupakan fakta dari produk ini, bahwa Menstrual Cup adalah salah satu cara yang bisa dipakai oleh para wanita untuk turut menyelamatkan lingkungan. Terutama dari tumpukan sampah pembalut yang masih belum ditemukan cara untuk mengatasinya sampai saat ini! Menariknya, Kamu juga bisa menemukan banyak alasan lain untuk beralih ke menstrual cup di 10 Alasan untuk Beralih ke Menstrual Cup!

Bahkan satu hal yang banyak tak disadari, bahwa menstrual cup bisa jadi salah satu alternatif untuk penghematan lho! Ketika melihat harga secara sekilas, banyak wanita yang menganggap menstrual cup mahal (dibanding pembalut konvensional). Padahal saat dihitung secara detail di artikel Pembalut vs Menstrual Cup: Lebih Murah Mana?, menstrual cup justru menjadi pilihan yang jauh lebih murah. 

Tak percaya? cek sendiri deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.