Alergi pembalut wanita? Ini solusinya!

Pernahkah Kamu merasa begitu tidak nyaman ketika memakai pembalut saat menstruasi? Merasa gatal, panas dan muncul ruam-ruam merah di sekitar vagina? Jika iya, itu artinya ada kemungkinan Kamu mengalami alergi pembalut. Apa itu alergi pembalut? Yuk kita cari tahu bersama di bawah ini!

Penyebab Alergi

Alergi seringkali ditandai dengan gatal-gatal, kemerahan dan ruam-ruam. Terkadang juga terasa panas pada area kulit. Gejala alergi tersebut akan sangat tidak nyaman jika terus terjadi setiap kali kita memakai pembalut. Itulah kenapa penting untuk kita pahami beberapa potensi yang menyebabkan alergi pembalut di bawah ini! 

  1. Bahan kimia aktif yang terkandung di dalam pembalut 

Di dalam pembalut kita mengandung banyak sekali bahan kimia untuk menjamin pembalut tidak bocor. Pembalut yang mengklaim 100% kapas pun, tidak menjamin produknya bebas bahan kimia. Pembalut yang mengandung parfum dapat menyebabkan iritasi pada kulit sekitaran vagina karena bahan kimia aktifnya. Selain parfum, keberadaan gel polimer yang menopang beban cairan saat pembalut penuh agar tidak bocor, juga cukup berbahaya bila terus menerus kontak dengan kulit. Terlebih dengan kandungan zat klorin yang biasanya digunakan sebagai pemutih pembalut, bersifat karsinogenik atau berpotensi menyebabkan kanker.

alergi pembalut
  1. Kurang rajin mengganti dan menjaga kebersihan 

Selain bahan kimia, alergi pembalut juga bisa dipicu oleh keadaan yang terlalu lembab dan kotor sehingga meenyebabkan kulit iritasi. Biasanya ini terjadi karena memakai pembalut terlalu lama atau tidak segera mengganti pembalut saat sudah penuh.  

Lalu, apa solusinya? 

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menjaga kebersihan dan memastikan selalu berganti pembalut maksimal setiap 4 jam. Mengapa? Karena pembalut yang terlalu lama dipakai akan menyebabkan kelembapan berlebihan dan sudah kotor. 

Untuk Kamu yang ingin mencoba alternatif lain, Kamu bisa mengganti pembalut dengan menstrual cup yang bebas bahan kimia penyebab alergi. Menstrual cup dibuat dari silikon yang tidak mengandung bahan kimia tambahan lainnya. Kamu juga tidak perlu sering menggantinya karena menstrual cup memiliki daya tampung yang besar. Selain itu, menstrual cup juga sebenarnya lebih hemat karena satu menstrual cup dapat dipakai berkali-kali, dan daya pakainya sampai 10 tahun lho!

Kamu bisa baca lebih detail tentang perbandingannya di ulasan Sustaination tentang Pembalut vs Menstrual cup. Tentu saja Kamu juga bisa baca ulasan lainnya yang menjelaskan lebih lengkap tentang apa itu sebenarnya Menstrual cup dan bagaimana keunggulan-keunggulannya. Menstruasi lebih nyaman dan bebas alergi, why not?

Leave a Reply

Your email address will not be published.