Tips Hemat 2023 dengan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Ingin berhemat dengan produk pakai ulang yang cinta lingkungan? Berikut simak tips hemat 2023 di bawah ini!

Memakai botol minum sendiri

Tips pertama yang sangat sederhana untuk Kamu praktikkan adalah dengan menggunakan botol minum pakai ulang. Kamu bisa bebas membawa air putih, kopi, teh atau minuman favoritmu di dalamnya, saat ke sekolah, kantor ataupun bepergian. Dengan kebiasaan baru ini, otomatis Kamu tidak perlu lagi membeli air mineral ketika perjalanan, yang otomatis akan menghemat budget harian. Apalagi kalau Kamu membeli produk botol minum yang berkualitas dan awet tahan hingga bertahun-tahun, semakin banyak uang yang bisa Kamu hemat nantinya. Lagipula botol air mineral sekali pakai menambah jutaan ton sampah plastik yang mencemari lingkungan. Dengan memakai botol minum sendiri, Kamu bisa menghemat pengeluaran sekaligus berkontribusi bagi pengurangan sampah plastik. Menarik bukan?

Membeli produk thrift

Produk pakai ulang berikutnya yang kini tengah naik daun adalah budaya konsumsi pakaian thrift. Dulu produk thrift dipandang sebelah mata, tetapi kini sudah berubah. Banyak produk thrift berkualitas yang dijual dengan harga miring. Produk-produk bekas ini diimpor dari luar negeri dan pasar Indonesia merasa bangga bila menemukan produk bermerk dengan harga murah. 

Bijak membeli produk elektronik

tips hemat 2023

Tips hemat 2023 berikutnya yang layak untuk Kamu coba adalah lebih bijak saat berbelanja produk elektronik. Artinya, membelilah produk yang memang benar-benar Kamu butuhkan saat itu. Misalnya, membeli HP ketika HP lama sudah rusak atau spesifikasinya sudah tidak memadai lagi. Jadi tidak perlu bergonta ganti HP tiap tahun hanya untuk mengikuti tren gadget terbaru. Kamu bisa menghemat jutaan rupiah pertahunnya dengan tips ini.

Membawa bekal dari rumah 

Makanan atau snack juga menjadi salah satu pengeluaran rutin sehari-hari. Apalagi saat bekerja, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan di luar. Untuk poin ini, Kamu bisa berhemat dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Memakai tempat makan pakai ulang yang berkualitas dan awet. Tak lupa juga dengan alat makan pakai ulang. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat banyak uang dari budget untuk makan!

Berganti ke pembalut kain atau menstrual cup

Pembalut kain dan menstrual cup diklaim jauh lebih hemat dibanding pembalut konvensional karena menjadi produk pakai ulang berkali-kali sehingga tidak perlu selalu membeli setiap bulannya. Bahkan menstrual cup bisa dipakai hingga 10 tahun. Pembahasan lebih mendalam tentang ini, baca Hadapi Resesi 2023, Hidup Hemat dengan Produk Ramah Lingkungan. Selain itu pembalut kain dan menstrual cup juga dianggap lebih baik dari segi kesehatan sebab tidak mengandung senyawa kimia berbahaya seperti yang terkandung pada pembalut konvensional.ย 

Membawa kantong belanja sendiri

Kantong belanja dari kresek plastik sangat tidak ramah lingkungan karena tidak bisa menjadi produk pakai ulang. Sekali pakai, rusak dan dibuang. Kresek berbahan plastik ini menjadi penyumbang sampah plastik terbesar yang sulit untuk diuraikan oleh mikroba tanah. Hingga kini akhirnya pusat perbelanjaan menerapkan aturan untuk berhenti menyediakan kantong plastik. Mereka menyediakan kantong pakai ulang untuk dibeli dengan harga 2.000 sampai 8.000 rupiah per pcs. 

Tapi daripada Kamu menghabiskan uang untuk membeli kantong belanja kain, Kamu bisa mencoba tips hemat 2023 dengan membawa kantong belanja sendiri dari rumah. Selain itu, Kamu juga tidak justru menumpuk kantong belanja di rumah, yang pada akhirnya tidak terpakai. Jadi, jangan lupa bawa kantong belanjamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *