FAQ: Beralih Menstrual Cup yang Aman

menstrual cup

Pernahkah ngga sih kepikiran kalau urusan feminine hygiene wanita kita bisa membahayakan lingkungan kita? pernah juga ngga kepikiran kenapa sekarang mulai banyak yang beralih menstrual cup?

Pembalut atau tampon yang kita gunakan sehari-hari itu ternyata menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar di Indonesia yang tidak bisa di daur ulang dan membahayakan lingkungan karena mengandung bahan-bahan berbahaya.

Pembalut konvensional merupakan salah satu benda yang di produksi in the most unsustainable way and they will end up in the most unsustainable way too – yup, landfill alias Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

https://sustaination.id/pembalut/

Alternatif penggani pembalut dan tampon sekali pakai adalah Menstrual Pad dan Menstrual Cup. Lain dengan menstrual pad yang sudah cukup lazim digunakan di kalangan wanita Indonesia, kebanyakan wanita masih bingung dan takut ketika ingin beralih ke menstrual cup.

https://sustaination.id/menspad/

Temukan jawaban atas semua pertanyaanmu ketika Beralih Menstrual Cup dibawah ini!

Apa itu Menstrual Cup?

Menstrual cup adalah cawan menstruasi yang berfungsi sebagai alternatif pengganti tampon. Menstrual cup terbuat dari 100% medical grade silicon, BPA Free dan bebas dari segala jenis bahan kimia seperti pemutih, lem, parfum, dan pelembut, sehingga aman untuk digunakan di dalam tubuh kita. 

Tidak seperti tampon yang menyerap darah menstruasi, Menstrual cup berfungsi menampung darah menstruasi di dalam vagina. Menstrual Cup dapat digunakan hingga 10 tahun dengan perawatan yang benar

Mengapa beralih Menstrual Cup Organicup?

Penggunaan satu buah pembalut sekali pakai menghasilkan sampah infeksius dan tidak dapat didaurulang sebanyak empat buah kantong plastik sekali pakai. Selain berdampak sangat buruk bagi lingkungan, sampah pembalut mengandung cairan tubuh yang dapat menjadi media penularan penyakit dan infeksi silang.

Beralih ke OrganiCup menstrual cup berarti kamu akan menghemat uang biaya pembelian pembalut selama 10 tahun!

Apakah OrganiCup Aman?

OrganiCup terbuat dari 100% medica grade silicone yang tersertifikasi FDA (Food & Drugs Administration) U S Pharmacopoeia XXII Class VI aman digunakan di dalam tubuh < 29 hari dan 21 CFR 177.2600 .

OrganiCup juga tersertifikasi hipoalergenik dan bebas racun (toxin free) oleh Allergy Certified™ (AC104, AC223, AC382) dan tersertifikasi vegan dan juga cruelty free dari Vegan Society (Member no. 024025).

Menstrual cup tidak diklasifikasikan dalam alat kesehatan di Eropa, namun material yang digunakan oleh OrganiCup memenuhi standar EU dan dites berdasarkan ISO 10993.

Bagaimana Cara Membersihkan dan Mensterilisasi OrganiCup?

Sebelum pemakaian pertama kali, OrganiCup wajib direbus di dalam air mendidih selama 5 menit. Perhatikan OrganiCup supaya tidak menyentuh dasar panci saat merebus karena dapat merusak silikon menstrual cup.

Kamu juga bisa menggunakan sabun pembersih OrganiWash dengan pH 3.5, tanpa pelembut dan pewangi sehingg aman digunakan untuk area intim dan kulit sensitif, jika diperlukan

Ulang proses perebusan OrganiCup Menstrual Cup setiap setelah selesai siklus menstruasi.

Bagaimana Cara Menggunakan OrganiCup Menstrual Cup?

Cara meggunakan menstrual cup:

  • WASH: Cuci tanganmu dengan air bersih dan mengalir. Gunakan sabun seperti OrganiWash sebelum memasukkan menstrual cup
  • FOLD: Ada banyak sekali cara untuk melipat menstrual cup. Kamu hanya perlu menemukan lipatan yang paling cocok untukmu. Dua model lipatan yang paling umum adalah: The Punch-Down Fold and The C-Fold. Ketika kamu ingin memasukkan menstrual cup, jaga menstrual cup tetap terlipat sampai menstrual cup masuk ke dalam vagina
  • RELAX: Tenang dan Relaks sangat dibutuhkan saat menggunakan menstrual cup. Dengan mencoba tenang, kita bisa menemukan posisi yang nyaman saat memasukkan menstrual cup ke vagina. Kamu bisa mencoba duduk di toilet, jongkok, atau sambil berdiri. Coba beberapa posisi sampai kamu menemukan posisi yang paling tepat untuk dirimu sendiri! Kamu bisa mengoleskan air atau water-based lubricant untuk membantu proses insersi.
  • INSERT: Masukkan menstrual cup yang sudah dilipat ke dalam vagina. Setelah di dalam vagina, lepaskan lipatan menstrual cup dan biarkan menstrual cup terbuka. Untuk mengecek menstrual cup terbuka sempurna, coba rasakan dan raba bagian bawah menstrual cup pastikan tidak ada yang terlipat
  • ROTATE: Putar menstrual cup jika Kamu merasakan lipatan dibagian bawah menstrual cup untuk membuka lipatannya dan memastikan suction menstrual cup terpasang sempurna.

Ingat: Semua bagian menstrual cup HARUS MASUK kedalam vagina. Jika stem masih menggantung di bagian luar, maka stem isa dipotong sesuai dengan kebutuhan

Selengkapnya, kamu bisa membaca bagaimana cara menggunakan menstrual cup disini.

https://sustaination.id/5-tips-mudah-untuk-mulai-menggunakan-organicup/

Bagaimana Cara Melepaskan OrganiCup Menstrual Cup?

  • WASH: Cuci tanganmu dengan air bersih dan mengalir. Gunakan sabun seperti OrganiWash sebelum mengeluarkan menstrual cup
  • RELAX: Tenang dan Relaks sangat dibutuhkan saat melepaskan menstrual cup. Cari posisi yang nyaman dan tepat untukmu. Kamu bisa melepaskna menstrual cup sambil duduk, jongkok atau berdiri, do it as you wish! Relaks dan tenang sangat penting saat melepaskan menstrual cup, saat kamu stres maka akan semakin susah untuk melepaskan menstrual cup
  • REMOVE: Saat melepaskan menstrual cup, tarik sedikit bagian stem secara perlahan dan usahakan dengan sedikit mengejan hingga OrganiCup turun kebawah dan mendekati bukaan vagina sehingga Kamu bisa meraih bagian dasar atau base OrganiCup. Cubit sedikit bagian dasar atau base OrganiCup untuk mengeluarkan menstrual cup. JANGAN MENGELUARKAN ORGANICUP DENGAN MENARIK STEM ORGANICUP, karena akan menyebabkan rasa tidak nyaman
  • EMPTY AND WASH: Setelah melepaskan OrganiCup, kamu bisa mengosongkan darah menstruasimu dengan membuangnya kedalam toilet dan bersihkan OrganiCup dengan air bersih mengalir (bersihkan juga bagian lubangnya). Jika kamu berada di kamar mandi tanpa akses air bersih, kamu bisa menggunakan OrganiWipes atau tisu toilet untuk membersihkan OrganiCupmu. Kamu bisa membersihkan OrganiCupmu dengan air ketika ada akses air bersih nanti.
  • REINSERT & STORE: Ketika OrganiCupmu sudah dibersihkan, kamu bisa memakainya kembali. Jika siklus menstruasimu sudah berhenti, rebus OrganiCup 3-5 menit di dalam air mendidih kemudian keringkan dan simpan di dalam kantung kain katun OrganiCup

Bagaimana Cara Memilih Ukuran OrganiCup yang Tepat?

OrganiCup memilki 3 ukuran yang berbeda:

  • Mini: Untuk remaja, atau Kamu yang membutuhkan ukuran lebih kecil dan flow menstruasi yang ringan
  • A: Untuk Kamu yang belum melahirkan secara vaginal (cesar)
  • B: Untuk Kamu yang sudah melahirkan secara vaginal

Vagina kita sangat unik dan masing-masing orang sangat berbeda dan tidak ada menstrual cup yang bisa menyediakan satu ukuran yang tepat untuk semua orang. Kenali tubuhmu, kenali flow menstruasimu. Bisa jadi kamu yang belum melahirkan secara normal dengan flow yang sangat banyak lebih cocok menggunakan size B.

Tidak perlu khawatir, karena OrganiCup di Sustaination dilengkapi dengan satisfaction guarantee.

Petunjuk ukuran OrganiCup

Apakah OrganiCup membuat penggunanya tidak perawan?

Kebanyakan orang percaya kalau selaput dara adalah indikasi keperawanan seorang wanita. Padahal, selaput dara adalah sebuah lapisan tipis yang ada di dalam vagina. Selaput dara setiap orang juga sangat berbeda-beda, ada yang lentur, tipis, tebal, maupun kaku. Sehingga kemungkinan terkoyaknya juga berbeda.

Namun, sifat selaput dara yang tipis memungkinkannya sobek atau rusak karena aktivitas fisik seperti olahraga dan benturan. Selaput dara yang rusak tanpa adanya penetrasi tidak menjadikan seorang perempuan tidak perawan.  Jadi, menstrual cup sebetulnya aman untuk digunakan oleh wanita yang masih perawan. Namun, keputusan untuk menggunakannya kembali ke prinsip dan kenyamanan masing-masing. Hanya gunakan menstrual cup ketika itu pilihan yang nyaman untuk tubuhmu sendiri

Apakah OrganiCup aman digunakan oleh pengguna IUD?

Menurut dokter kandungan kami, pengguna IUD tetap aman menggunakan OrganiCup. Tetapi pilihan tetap kami kembalikan ke kenyamanan masing-masing.

Jika kamu memutuskan menggunakan OrganiCup bersama dengan IUD, kami rekomendasikan untuk melakukan hal dibawah ini:

  • Tunggu setidaknya hingga 2 siklus menstruasi setelah IUD dipasang.
  • Pastikan Kamu melepaskan vakum seal dengan mencubit bagian bawah menstrual cup saat mengeluarkan menstrual cup
  • Pasang OrganiCup sedekat mungkin dengan bukaan vagina
OrganiCup & IUD

Apakah penggunaan OrganiCup terasa sakit?

Tidak sama sekali! Di menit-menit awal penggunaan, OrganiCup akan terasa ‘asing’ di dalam vagina. Tetapi selanjutnya, kamu akan lupa kalau kamu sedang menstruasi karena tidak terasa sama sekali!

Apakah OrganiCup Nyaman?

9 dari 10 wanita yang menggunakan OrganiCup tetap menggunakan OrganiCup. Kamu bisa menggunakan OrganiCup sambil berenang, menyelam, yoga, menunggang kuda, dan kegiatan lainnya!

Baca review OrganiCup selengkapnya disini.

https://sustaination.id/menstrualcup/

Apakah OrganiCup akan Mengganjal?

Tidak sama sekali! Di menit-menit awal penggunaan, OrganiCup akan terasa ‘asing’ di dalam vagina. Tetapi selanjutnya, kamu akan lupa kalau kamu sedang menstruasi karena tidak terasa sama sekali!

Apakah Darah Menstruasi akan Mengalir kembali kedalam Tubuh?

Tidak. Darah menstruasi yang telah tertampung di menstrual cup tidak akan kembali kedalam tubuh – walaupun kamu melakukan head/hand stand 🙂

Apakah OrganiCup dapat Tersangkut atau Hilang di dalam Tubuh?

Tenang saja, OrganiCupmu tidak akan ‘tertelan’ masuk ke dalam rahim! Ketika ingin mengeluarkan OrganiCup, kamu hanya perlu meraba ke dalam vagina untuk menemukan dasar cupnya. Dengan sedikit mengejan, OrganiCupmu akan turun sedikit ke arah luar. Cubit dasar cup dan tarik perlahan-lahan keluar sambil tetap bernafas dengan rileks.

Jangan menarik tangkai/stem cup karena itu akan menarik ruang vakum di dalam vagina dan terasa kurang nyaman.

Apakah OrganiCup perlu dilepas ketika buang air?

Tidak. OrganiCup akan berada di dalam liang vagina, berbeda saluran dengan saluran kencing maupun anus.

Berapa Lama OrganiCup dapat Digunakan?

OrganiCup harus dikosongkan setiap 8-12 jam. Namun saat penggunaan pertama, kami mrekomendasikan untuk mengosongkan OrganiCupmu lebih sering untuk lebih mengenali flow menstruasi dan OrganiCupmu.

Kapasitas OrganiCup 3 kali lipat lebih besar daripada tampon ukuran XL, sehingga OrganiCup mungkin dapat menampung darah menstruasi lebih banyak dan lebih lama

Dapatkah saya Menggunakan OrganiCup saat Melakukan Hubungan Sex?

OrganiCup sebaiknya tidak digunakan saat penetrasi dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti alat kontrasepsi. Namun, dibandingkan dengan pembalut dan tampon, OrganiCup menawarkan keintiman lebih karena menampung darah menstruasi di dalam vagina selama satu malam penuh sehingga memungkinkan kamu untuk meninggalkan busanamu saat sedang tidur.

Mengapa OrganiCup Menstrual Cup Saya Masih Bocor?

Jika OrganiCupmu bocor, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal:

OrganiCup tidak terbuka sempurna. Pastikan OrganiCupmu terbuka sempurna dengan mengecek bagian bawah/base OrganiCup. Jika diperlukan, putar bagian bawah / base organiCup untuk memastikan seal terbuka sempurna

Spotting dari sisa darah menstruasi di vagina
Setelah memasukkan OrganiCup, coba bersihkan kembali bagian sekitar kemaluan untuk mematikan area kemaluan bersih dari sisa darah menstruasi

Sudut OrganiCup yang Kurang Tepat
Pastikan kamu memasukkan OrganiCup dengan sudut 45 derajat dengan mengarah ke tulang belakangmu Sudut ini merupakan sudut dan bentuk natural saluran vaginamu

Bocor karena Posisi yang kurang tepat

OrganiCup sebaiknya dipasangkan didekat bukaan vagina. Karena leher rahim Anda tidak selalu berada di bagian teratas dari liang vagina. Itu bisa jadi berada di sudut atau posisi tertentu. Selain juga dapat bergerak keatas dan kebawah selama siklus menstruasi. Jika bagian paling atas menstrual cup Anda berada jauh dibawah leher rahim, maka bisa jadi menyebabkan kebocoran. Jadi pastikan lokasi leher rahim Anda dengan meraba bagian padat dan lunak didalam liang vagina

Bagian Lubang Udara Tersumbat

Pastikan 4 lubang udara tidak tersumbat karena hal ini akan menyebabkan kebocoran. Cara untuk memberishkan lubang udara yang tersumbat:

  • Bersihkan lubang udara dengan menggunakan sikat kecil
  • Isi OrganiCup dengan air hangat, letakkan telapak tangan dibagian atas OrganiCup dan cubit bagian bawah hingga air keluar dari lubang udara sehingga air dapat membersihkan lubang udara.

Bagaimana Cara Membersihkan OrganiCup saat di Toilet Umum dan Berpergian?

OrganiCup memungkinkan dan memudakan perjalananmu sebab kamu tidak perlu mengganti pembalut setiap 2-3 jam! Hal ini membuat perjalananmu lebih ringan dan menyenangkan bukan?

Tapi bagaimana membersihkan OrganiCup di toilet umum tanpa akses air bersih?

Kamu bisa menggunakan air mineral atau dengan menggunakan OrganiWipes. JIka tidak tersedia apapun, kamu bisa membersihkan OrganiCup dengan tisu toilet bersih dan bersihkan dengan menggunakan air bersih nanti ketika tersedia.

Apakah Menggunakan OrganiCup dapat Menyebabkan TSS ?

TSS (Toxic Shock Syndrome) adalah penyakit yang jarang terjadi namun cukup serius. Tss adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan diasosiasikan dengan seseorang yang menggunakan tampon dan menstrual cup.

Untuk mengurangi resiko TSS, pastikan kamu membersihkan dan mencuci tangan serta menggunakan OrganiCup sesuai dengan petunjuk penggunaan. Tanda-tanda TSS mencakup demam, pusing, mata merah, muntah, diare, pingsan, ruam seperti luka bakar. TSS dapat muncul ketika periode menstruasi atau beberapa hari setelahnya. Jika kamu mengalami tanda-tanda diatas, mohon hubungi dokter terdekat.

Kami merekomendasikan untuk melakukan hal ini untuk mengurangi resiko TSS:

  • Bersihkan dan sterilisasi OrganiCup sebelum digunakan pertama kali. Kosongkan OrganiCup setiap 8-12jam dan cuci bersih sebelum digunakan kembali
  • Jangan gunakan OrganiCup ika kamu pernah didiagnosa dengan TSS
  • Cuci bersih tanganmu setiap kali ingin memasukkan atau melepaskan OrganiCup

Bagaimana Menghilangkan Noda Kuning OrganiCup Menstrual Cup?

Perubahan warna yang terjadi di OrganiCup disebabkan oleh residu noda darah menstruasi yang menumpuk, dan ini adalah hal yang sangat normal. Namun, kita bisa membuat OrganiCup terlihat seperti ‘baru’ lagi dengan cara berikut:

  • Gunakan Hydrogen Peroxide 2% yang dapat dibeli di toko farmasi terdekat
  • Campurkan air: hydrogen peroxide 2% dengan perbandingan 1:1. Rendam OrganiCup selama satu malam

OrganiCupmu akan nampak seperti baru! Jangan lupa bersihkan dan sterilisasi OrganiCupmu sebelum dipakai kembali ya!

Bagaimana Mendaur-ulang OrganiCup Menstrual Cup?

Medical grade dilicone OrganiCup dapat dibakar pada masa akhir pakainya. Medical grade silicone merupakan bahan alami, yaitu pasir yang jika dibakar tidak akan mengeluarkan gas-gas beracun dan berbahaya. Proses pembakaran akan mengeluarkan sedikit emisi CO2 namun hal ini tidak sebanding dengan sampah pembalut yang telah kita hindari dari penggunaan menstrual cup 🙂


Kamu ada pertanyaan lagi terkait dengan OrganiCup Menstrual Cup yang tidak terjawab diatas? Tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar di bawah, dan kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaanmu! 🙂

10 thoughts on “FAQ: Beralih Menstrual Cup yang Aman

  1. Intan Rastini says:

    Saya juga pakai Menstrual cup. Awalnya pakai pembalut kain dulu, sambil nabung untuk beli menscup. Setelah tabungan udah cukup, baru deh beli Menscup. Kadang saya pakai tandem gitu pas berpergian supaya lebih aman, pakai menscup ya pakai menspad juga yang ukuran pantyliner. Oh ya saya juga pakai menscup sebelum pasang IUD dan setelah pakai IUD juga rasanya tetap sama. Aman, nyaman, dan malah saya kadang lupa kalau lagi haid gara-gara si menscup ga berasa di dalam. Total puas banget dengan menscup. Ini bener-bener solusi terbaik untuk mengatasi sampah pembalut sekali pakai di lingkungan. Setelah pakai menscup kan saya jadi ga pusing lagi mikirin harus buang sampah pembalut saya setiap bulan dan ga malu lagi sama orang lain kalau ada sampah pembalut di kamar mandi pakai kresek gitu.

    • dwi sasetyaningtyas
      dwi sasetyaningtyas says:

      Hi mba Intan,

      waaah seneng banget denger cerita mba intan tentang perjalanan meninggalkan pembalut sekali pakai dari mulai pembalut kain sampai menstrual cup.
      aku setuju banget, menscup emang the best! hihi 🙂
      terima kasih ya mba sudah share pengalamannya disini.

      tyas

      • Nindi paramita says:

        Hai mba tyas.
        Aku udah coba pakai menstrual cup. Percobaan pertama pakai sukses, ngga bocor dan nyaman banget. Tp di siklus yg ke2 malah bocor terus. Setelah baca2 dan ternyata masalahku di cup yg tidak bisa *pop*. Udah segala macem cara2 tips2 kulakuin dr diputer, dicubit, cara fold yang berbeda, jongkok2, gerakin otot vagina, segala macem kulakuin tp pas kuraba di dalam masih ngga *pop* jg.

        Ada 1 artikel yg kubaca, kemungkinan karena otot vaginanya terlalu kuat dan mesti ganti merk menstrual cup yg lebih kaku supaya lebih gampang *pop*
        Apa mungkin begitu ya mba? Atau ada cara lain? Berhubung merk yg masuk ke Indonesia baru organicup.
        Terima kasih ya..

        • dwi sasetyaningtyas
          dwi sasetyaningtyas says:

          hi Nindi,

          organicup termasuk salah satu menstrual cup yang firm, jadi harusnya untuk otot vagina average ke yang kuat masih bisa digunakan.
          perlu diingat kalau tubuh kita perlu membiasakan diri selama setidaknya 3 kali siklus haid. Saya sendiri selalu bocor saat pemakaian 3 siklus pertama, sampai akhirnya menemukan ‘celah’ yaitu sudut saat memasang organicup ini harus tepat. kalau miring sedikit saja bisa tidak ‘pop’, atau bahkan sudah ‘pop’ tapi tetap akan bocor.

          saran aku, coba dulu aja selama minimal 3 kali siklus. coba dirasa2kan lagi, apakah sudah benar cara memasukkannya, atau mungkin bocor sudah penuh? berarti perlu dikeluarkan lebih sering.

          Kalau Nindi masih bermasalah setelah 3 siklus haid, Nindi bisa minta refund atau size exchange dengan terms conditions yang berlaku.
          bisa di cek disini yah:
          https://sustaination.id/organicup-guarantee/

          semoga menjawab ya Nindi, i really hope the cup works for you!!
          Tyas

  2. nuke says:

    hi mbak, aku udah pasang menscup dan setelah dicek bagian dalem udah *pop* tapi masih kerasa banget ganjel (rasa ga nyamannya kaya kalo celana dalem lagi nyelip), udah diakalin dengan potong stem sekitar 1 cm jg masih sama rasanya. ada ide lain kah utk siasatin ini? thank you 🙂

    • dwi sasetyaningtyas
      dwi sasetyaningtyas says:

      hi,

      ganjel sampai sakit ngga? kalau ganjel biasa aja sebenernya itu mungkin tubuh kita yang sedang beradaptasi.
      nanti lama kelamaan ga akan berasa harusnya.
      Tapi bisa juga cara memasang, atau cara melipatnya snagat berpengaruh terhadap kenyamanan. Jadi bisa dicoba lagi cara melipat dan posisi ketika memasang.
      Pastikan menstrual cup menghadap searah dengan liang vagina dan tidak berada terlalu dalam dari mulut vagina, cukup mungkin sekitar 1 ruas jari aja dari mulut vagina 🙂

      Semoga informasi ini membantu ya, kira-kira butuh minimal 3 kali siklus untuk terbiasa menggunakan menstrual cup.

      selamat mencoba 🙂
      salam
      Tyas

  3. Laila says:

    hey kak, saya sudah menggunakan menstrualcup 2 bulan, dan Alhamdulillah aku suka, tapi menstrual cupku lecet karena aku kurang hati hati waktu merebusnya, apakah masih bisa dipakai?

  4. Lusi says:

    Hi mbak Tyas ,

    Selama #dirumahaja, aku jd belajar pasang menstrual cup dg baik &benar. Ini uda bulan ketiga berhasil menstrual cup only without pembalut. Yuhuu, senangnya ya bisa ngurangin sampah. Thank u for inspiring us mbak 😉

  5. Tiar says:

    Halo kak, aku newbie utk pakai menstrual cup, awal coba ngerasa ganjel gitu trus ujung nya itu ngegesek jadi sakit, yg kedua aku coba lagi dan masih sama, akhirnya aku potong sedikit ujungnya, yg ketiga enak dipake tapi aku ngerasa kok menstrual cup nya jadi makin ke dalem, nyari ujungnya otomatis aku harus rada dalem, nah apa emang menstrual cup ini bisa masuk sampe dalem banget dan jadi gak bisa d keluarin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *