5 Alasan Beralih ke Lampu LED

Alasan beralih ke Lampu LED

Lampu LED (Light Emitting Diode) berbeda dengan lampu pijar atau lampu CFL (Compact fluorescent lamp) yang dulu pernah kita gunakan. Perbedaannya terletak dari material, usia penggunaan, hingga pencahayaan. Lampu LED terkenal dengan manfaatnya untuk menghemat listirk di rumah, tapi selain itu, da banyak sekali alasan dan keuntungan saat kita beralih ke lampu LED lho

Apa saja keuntungan beralih ke lampu LED?

1. Tahan Lama

Lampu LED dapat bertahan 20 kali lipat lebih lama daripada lampu pijar biasa. Beberapa lampu LED bahkan dapat menyala hingga 60.000 jam dibanding dengan lampu pijar biasa yang bertahan hanya sampai usia 8.000 jam. Beberapa merek lampu LED bahkan mengklaim dapat digunakan hingga 15 tahun tanpa harus diganti!

Hal ini tentu saja akan menjadi biaya pemeliharaan rumah tahunan menjadi lebih rendah.

2. Hemat Energi – Lebih Murah

Lampu LED bisa menghemat energi hingga 90% dibandingkan dengan lampu pijar CFL dan lampu pijar biasa. 95% energi dari lampu LED digunakan untuk memproduksi cahaya lampu, dan sisa 5% yang lain menghasilkan panas. Hal ini berbading terbalik dengan lampu CFL atau lampu pijar fluorescent biasa yang menghasilkan panas hingga 95%, dan hanya 5% yang dikonversi menjadi cahaya.

Lampu yang hemat energi, tentu saja membuat tagihan listrik menjadi lebih hemat juga kan?

3. Aman dan Non – Toxic

Lampu CFL dan lampu pijar biasa mengandung beberapa senyawa beracun dan berbahaya bagi kesehatan kita, seperti merkuri. kadmium, dan timbal. Hal ini membuat Lampu CFL dan lampu pijar biasa termasuk kedalam limbah beracun dan berbahaya (B3). Sebaliknya lampu LED tidak mengandung bahan beracun apapun, sehingga lebih mudah di daur ulang dan tidak berbahaya bagi kesehatan kita.

Selain itu, lampu LED juga tidak menghasilkan radiasi infra merah dan sinar ultraviolet. Lampu LED juga tidak menyilaukan mata karena memiliki karakter cahaya yang alami. Hal ini membuat lampu LED lebih aman bagi mata dan kulit kita.

4. Ramah Lingkungan

Lampu LED bekerja lebih efisien sehingga menggunakan energi sesuai dengan fungsinya, yaitu menghasilkan cahaya. Lampu LED hanya membuang 5% energi sebagai panas. Selain itu, material lampu LED yang tidak beracun, membuat lampu LED lebih mudah di daur ulang.

Selain itu, lampu LED juga menghasilkan jejak karbon 50% lebih kecil dibandingkan dengan lampu CFL. Satu lampu LED menghasilkan jejak karbon sebesar 28.8 kg CO2e, sedangkan lampu CFL menghasilkan hingga 44 kg CO2e.

lampu CFL vs LED
Perbandingan lampu CFL vs LED

5. Variasi Warna

Lampu LED kini juga tersedia dalam berbagai macam warna seperti merah, bitu, putih dan kuning. Teknologi lampu LED kini juga sudha terhubung dengan teknologi pintar sehingga dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan di rumah kita.Menawarkan warna dasar yang bervariasi seerti merah, biru, dan putih terang membuat LED cocok menjadi pilihan. Warna-warnanya juga dapat dicampur guna menghasilkan pilihan warna yang lebih variatif.

Teknologi lampu LED pintar

Jadi, bagaimana? sudahkah kamu mengganti lampu rumahmu menjadi lampu LED? Baca juga pentingnya mengapa kita perlu menghemat listrik di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *