Lebaran 2021 Covid-19 Belum Berakhir, Berikut Tips Bepergian Selama Pandemi!

Menjelang Lebaran 2021, setelah lebih dari satu tahun kita menjalani gaya hidup baru karena adanya pandemi, pastilah kita rindu untuk mudik ataupun bersilaturahmi. Meski demikian, agar mempercepat penurunan penyebaran virus kita sebaiknya tetap mematuhi kebijakan yang berlaku. Selain itu dengan adanya vaksin bukan berarti kita bisa mengabaikan protokol kesehatan. Memang benar bahwa adanya vaksin membuat daya tahan tubuh lebih kuat, tapi itu bukan berarti kita dapat bebas bepergian tanpa perlindungan. Berikut ini tips bepergian selama pandemi supaya tetap nyaman dan ramah lingkungan!

Cara bepergian selama pademi Lebaran 2021

  • Pakai Masker Dimanapun Kapanpun!
  • Membawa Desinfektan & Hand Sanitizer 
  • Membawa Pouch Travel untuk Memudahkan
  • Selalu ingat jaga jarak
  • Membawa kemasan & alat makan sendiri

Larangan Mudik di Lebaran 2021 diresmikan oleh pemerintah untuk tanggal 6-17 Mei 2021. Pengecualian hanya berlaku untuk kunjungan dinas, kunjungan sakit, persalinan dan duka. Perjalanan yang dilakukan pada pekan sebelum (22 April-5 Mei) dan pekan setelahnya (18-24 Mei) pun tidak mudah. Karena harus dilengkapi dengan dokumen hasil negatif tes PCR, Antigen dan Genose. Tentu saja semua itu dilakukan untuk menghindari hal terjadi di negeri anak Benua saat ini. So, untuk Kamu yang merencanakan perjalanan saat Lebaran 2021 dan ingin tetap aman, bisa ikuti tips-tips ini ya!

Pakai Masker saat Bepergian Selama Pandemi

sumber: klikdokter.com

Selama perjalanan, mask is a must! Mungkin Kamu kadang merasa kusulitan bernafas, tapi itu tidak menghilangkan fakta bahwa masker bisa meminimalisir penularan hingga 1%! Tapi juga perlu Kamu pastikan kalau masker yang Kamu pakai itu efektif ya. 

Sedia selalu Disinfektan & Handsanitizer 

bepergian selama pandemi
sumber: thejakartapost.com

Perjalanan biasanya dilalui dengan menikmati camilan, apalagi jika jauh. Thatโ€™s why handsanitizer is important! Jangan lupa untuk memasukkannya ke daftar bawaan perjalanan Kamu ya. Pakai setiap kali Kamu butuh untuk makan atau minum supaya meminimalisir virus dan bakteri masuk ke pencernaan. 

Pouch Travel Serbaguna

bepergian selama pandemi

Jangan sampai perjalanan jadi terganggu hanya karena kesulitan menemukan barang-barang kecil di tas Kamu dan menyimpan barang yang โ€œkotorโ€. Pakai saja pouch travel serbaguna untuk menampung perlengkapan kamu seperti masker ganti, hand sanitizer, headset, alat makan dan lainnya. Meski Kamu bawa banyak barang, tak akan pusing lagi deh! Juga tak akan khawatir nantinya ada barang tertinggal karena tercecer di perjalanan atau di tempat tujuan. Tips: Carilah pouch dengan kantung tahan air untuk meletakan masker bekas kamu ya!

Jaga Jarak saat Bepergian Selama Pandemi

bepergian selama pandemi

Ini juga sangat penting tapi sayangnya sering diabaikan. Padahal menjaga jarak dengan orang lain juga efektif meminimalisir penularan virus Covid-19. Terutama untuk Kamu yang bepergian dengan transportasi publik atau melewati daerah ramai.

Membawa alat & makanan sendiri

Nah, ini juga penting supaya Kamu tidak kelaparan saat di perjalanan. Lebih baik bawa makanan, minuman, dan alat makan sendiri dari rumah. Selain lebih praktis, juga lebih higienis dan bebas dari kontaminasi yang tidak diinginkan. Jadi kapanpun lapar dan haus, tinggal buka persediaan deh!

Baca juga Berhenti Makan Plastik! Ketahui Fakta dan Resikonya disini

Perjalanan Lebaran 2021 Kamu bukan hanya menyenangkan tapi juga akan jauh lebih aman dan nyaman karena tetap menjalankan protokol kesehatan. Jangan lupa juga untuk patuhi regulasi dari pemerintah dan siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan ya. Supaya perjalanan Kamu tidak terhambat oleh tes-tes kesehatan dadakan nantinya. Stay safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published.