Diskusi Persoalan Sampah, Dampak Sosial, dan Ekonomi Bersama YPBB Bandung

Sudah mengganti sedotan plastik? sudah bawa tas belanja sendiri? apakah semua tindakan kita itu cukup?

Persoalan sampah sedang naik daun! Begitu pula kampanye bertemakan lingkungan. Sayangnya, maraknya gerakan yang mengkampanyekan gaya hidup minim sampah ini sering kali diikuti pemahaman persoalan sampah yang berputar di sekitaran plastik. Padahal, jumlah sampah terbesar kita di TPA dan yang menjadi masalah utama ternyata BUKAN PLASTIK lho! Di Episode podcast #SustainTalks kali ini,  Tyas, founder dari Sustaination. mengundang Yobel dan Eliza, dari YPBB Bandung untuk berdiskusi tentang persoalan sampah di Indonesia. Kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dan semoga bisa kalian teruskan ke teman2 yang lain!

  1. Kemana sampah kita dibuang? Bagaimana perjalanan sampah kita dari rumah hingga ke TPA? apakah ada peraturan yang mengatur tentang ini?
  2. Bagaimana kewajiban dan peran produsen/perusahaan sebagai pihak yang memproduksi kemasan? Apakah ada undang-undang yang mengatur supaya perusahaan bertanggung jawab atas sampah kemasannya?
  3. Apa sampah terbanyak yang ada di TPA? apakah mengganti sedotan dan tas plastik sudah cukup?
  4. Bagaimana dengan industri plastik dan orang-orang yang mencari nafkah dari industri daur ulang / sampah saat gerakan minim sampah semakin besar? Akankah mereka kehilangan pekerjaan?
  5. Bagaimana gerakan minim sampah ini bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat sehingga tepat sasaran?

dan lain-lain yang dijamin SERU BANGET! Selamat Mendengarkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *