FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

2. Bagaimana cara memulai gaya hidup zero waste & sustainable living?

Kamu bisa memulai dengan hal-hal kecil sesuai dengan kemampuanmu.

Mulai lakukan dari 5R:

  • Refuse: tolak barang yang tidak perlu dan berpotensi menjadi sampah, tolak plastik sekali pakai
  • Reduce: kurangi pembelian barang yang tidak perlu
  • Reuse: pakai kembali barang-barang bekas yang ada dirumah menjadi barang yang bermanfaat
  • Recycle: daur ulang sampah anorganikmu
  • ROT (kompos): kompos sisa organikmu

baca juga 10 cara mudah untuk mengurangi sampah secara GRATIS disini

3. Barang apa saja yang saya perlukan untuk memulai gaya hidup zero waste &/ sustainable living?

Kamu bisa memulai dari barang-barang yang kamu miliki dirumah seperti:

  • tas belanjaan
  • botol minum
  • sendok dan garpu
  • wadah makan / tupperware / wadah plastik

Don’t have one? #thinkbeforeshop jika memang memerlukan, kamu bisa lihat koleksi barang kami disini

4. Bagaimana cara Sustaination mengemas barang?

Kami mencoba mengirimkan barang pesanan kamu tanpa plastik. Kami menggunakan amplop kertas, koran atau majalan bekas, dan selotip kertas. Kami juga mencoba untuk mengirimkan barang pesanan kamu tanpa menggunakan plastik dari layanan pengirim.

Namun, bila pihak pengiriman memaksa untuk menggunakan plastik, itu semata-mata agar barang pesanan kamu sampai dengan selamat dan aman. Kami mendorong pelanggan kami untuk menggunakan kembali plastik tersebut untuk keperluan yang lain.

5. Kemana Sustaination melakukan pengiriman?

Kami melayani pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia. Saat ini kami belum melayani pengiriman di luar Indonesia

6. Bagaimana kebijakan Sustaination terhadap pengembalian dan pembatalan produk yang sudah dibeli?

Saat ini Sustaination tidak melayani pengembalian barang atau uang serta pembatalan pesanan. Kami merekomendasikan pelanggan kami untuk mencari tahu tentang produk kami di blog dan media sosial lain serta menimbang kembali apakah kamu benar-benar membutuhkan produk ini.

Hindari berbelanja secara impulsif hanya karena “gratis pengembalian”. Let’s be a wise, conscious, and smarter shopper! #thinkbeforeshop. Baca juga petunjuk sebelum melakukan pembelian di website kami disini.

7. Mengapa Sustaination tidak melayani pengembalian barang?

Pengembalian barang secara gratis akan mendorong pelanggan kami menjadi impulsive shopper. Kami ingin mendorong pelanggan Sustaination Indonesia bijak dan sadar dalam berbelanja. Selain itu, pengembalian barang akan menyumbang jejak karbon pengiriman, tentu kamu tidak mau menambah emisi karbon di bumi kita bukan?

8. Berapa lama pesanan saya akan dikirim?

Pesanan kamu akan kami proses 1 hari setelah kamu melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Diproses berarti dilakukan pemesanan, pengepakan, pelabelan. Pengiriman bisa dilakukan di hari berikutnya, maksimal 3 hari setelah konfirmasi pembayaran

9. Kapan saya bisa menerima barang pesanan saya?

Waktu pengiriman akan bergantung pada daerah tujuan pengiriman. Pengiriman akan dilakukan maksimal 3 hari setelah konfirmasi pembayaran. Jika lebih dari 3 hari setelah konfirmasi dilakukan kamu tidak menerima tracking code dari kami, harap hubungi kami help@sustaination.id

10. Bagaimana sistem pembayaran pesanan melalui webstore?

Untuk saat ini, kami hanya menerima pembayaran melalui bank transfer ke bank BCA

11. Apa yang terjadi apabila pesanan kembali ke pihak Sustaination?

Pesanan yang kembali lagi ke pihak Sustaination dikarenakan komplikasi dari penerima (kesalahan alamat, tidak ada orang ditempat, dll) akan berujung pada pengembalian uang kepada pelanggan kami. Biaya yang terjadi diluar harga produk menjadi beban pelanggan dan akan dikurangkan dari pengembalian uang ke pelanggan